City Portal of Pekanbaru

Gempa 5,2 SR Guncang Aceh Besar

seismograf.jpg
(ist)

ACEH Besar dan sekitarnya diguncang gempa dengan kekuatan 5,2 SR pada Senin sekitar pukul 02.24 WIB. Demikian informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Gempa dengan kedalaman 10 km tersebut terasa kuat. Getarannya dirasakan masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya.

Gempa yang terjadi tersebut berada di 5.90 Lintang Utara - 93.52 Bujur Timur. Adapun pusat gempa berada 201 Km barat laut Kota Sabang.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Belakangan gempa kerap mengguncang wilayah Provinsi Aceh Darussalam dan membuat masyarakat trauma. Terutama sejak gempa besar pada Desember 2004, yang disertai gelombang tsunami, dengan korban jiwa ratusan ribu orang.


Bencana paling akhir pada Rabu pagi, 7 Desember 2016. Gempa dangkal berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Pidie Jaya sekitar pukul 05.03 WIB, yang menyebabkan 102 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya terluka. Sementara 45.239 warga mengungsi.


Para korban tewas dan luka-luka umumnya tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh. Apalagi gempa terjadi subuh, ketika kebanyakan orang masih tertidur.


Gempa susulan masih terjadi hingga tiga hari kemudian, yang tercatat sebanyak 66 kali, yang skalanya lebih kecil. (ant/sfa)