City Portal of Pekanbaru

Sempat Tertinggal, City Bungkam Arsenal Berkat Gol Sane-Sterling

manchester-city.jpg
(sky sports)

MELALUI gol Leroy Sane dan Raheem Sterling di babak kedua, Manchester City membalikkan keadaan untuk menekuk Arsenal 2-1 dalam bigmatch Liga Primer Inggris pekan ke-17 di Stadion Etihad, Senin (19/12) dini hari WIB.

Kemenangan tersebut mengantar City naik ke posisi dua klasemen, dengan nilai 36, sekaligus memangkas jarak dari Chelsea di puncak klasemen sementara menjadi tujuh poin.

Poin penuh ini juga meringankan beban pelatih Josep Guardiola yang dalam beberapa pekan terakhir dapat banyak tekanan setelah The Citizens meraih serangkaian hasil buruk di berbagai kompetisi.

"Kami senang dengan permainan kami hari ini, tapi itu tidak mudah karena pressing tinggi Arsenal dan mereka bertahan dengan kuat. Saat kami mendapatkan kembali beberapa pemain kami, kami harap bisa mencetak lebih banyak gol," ujarnya seperti dikutip dari BBC.

City yang menguasai jalannya pertandingan dengan memiliki 61 persen pengendalian bola, justru tertinggal lebih dulu dari Arsenal lewat gol cepat yang dicetak Theo Walcott.

Pertandingan baru berjalan lima menit ketika umpan terobosan Alexis Sanchez membelah pertahanan City, sebelum disambut Walcott dengan satu sentuhan kecil. Ia dengan tenang melakukan tembakan yang menaklukkan penjaga gawang Claudio Bravo demi membawa Arsenal unggul 1-0.

Upaya City menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil pada awal-awal babak keduaa. David Silva melepaskan umpan lambung melewati barisan pertahanan Arsenal, yang disambut Leroy Sane dengan sontekan jarak dekat demi menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 47.

Menit 69, penjaga gawang Petr Cech melakukan penyelamatan gemilang atas bola tendangan Kevin De Bruyne yang sempat membentur pemain bertahan Arsenal.

Akan tetapi, City akhirnya berbalik unggul ketika umpan jauh De Bruyne berhasil diterima Raheem Sterling, yang lantas menusuk ke dalam kotak penalti. Sempat meliuk-liuk di antara dua bek, Sterling menyelesaikannnya dengan sepakan keras ke area tiang dekat yang tak dapat dijangkau Cech. Tuan rumah unggul 2-1 atas Arsenal pada menit 71.

De Bruyne berkesempatan 'mengakhiri' pertandingan lebih awal, jika saja bola percobaan penyelesaiannya atas umpan silang Jesus Navas tak menerpa tiang gawang.

Spurs menang

Di pertadingan lain, Tottenham Hotspur lebih dulu tertinggal saat menjamu Burnley di Stadion White Hart Lane, London.

Spurs dapat kejutan tak menyenangkan saat gawang mereka jebol di menit 22 oleh Ashley Barnes. Tapi tuan rumah tak harus menunggu lama untuk bisa menyamakan kedudukan, karena lima menit berselang Dele Alli mengubah skor jadi 1-1.

Kemenangan Spurs dipastikan di menit 71. Danny Rose menjadi penentu keunggulan Tottenham lewat gol yang dia lesakkan.

Poin penuh dari laga kandang ini membuat Tottenham kembali menduduki posisi lima klasemen dengan poin dikumpulkan berjumlah 33. Mereka kini cuma tertinggal satu angka dari Arsenal, yang menderita kekalahan dalam lawatan ke Manchester City.

Untuk Burnley, ini menjadi kekalahan nomor 10 di musim ini. Dengan 17 poin dipunya, mereka hanya berada dua anak tangga di atas zona degradasi.

Sementara itu di laga lain di Stadion Vitality, Bournemouth, Minggu (18/12) malam WIB, Southampton berhasil mengalahkan tuan rumah Bournemouth 3-1, berkat dwigol Jay Rodriguez. Soton pun naik ke urutan ketujuh dengan 24 poin. (ant/bbc/dtc)