City Portal of Pekanbaru


Ada apa, kok dana beasiswa untuk mahasiswa tak nongol di APBD Riau 2017

mahasiswa.jpg
(ist)

SUNGGUH disayangkan, tidak ada dana untuk bantuan pendidikan berupa beasiswa bagi mahasiswa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau 2017.


Menurut wakil rakyat, itu bisa terjadi karena memang tidak diajukan oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau.


"Tidak ada Biro Kesra mengajukan. Katanya dia (Biro Kesra) ingin data yang akurat. Biar datanya itu valid dulu. Jangan nanti kita anggarkan banyak, ternyata tidak bisa dicairkan," kata Ketua Komisi C DPRD Riau Aherson di Pekanbaru, Senin (19/12), seperti dikutip dari Antara.


Dia menuturkan, selama ini proses pendataan dan pencairan beasiswa dilakukan atas kerjasama Biro Kesejahteraan Pemprov Riau dengan pihak perguruan tinggi.


Masalahnya, Biro Kesra merasa tidak tahu juga siapa penerima beasiswa karena pencairan di universitas. Dikatakan, kadangkala tidak bisa juga secara riil untuk meneliti data-data yang diberikan pihak perguruan tinggi kepada Pemprov Riau.


Menyikapi hal itu, Aherson mengatakan dewan pernah mengusulkan kepada Biro Kesra supaya menerapkan sistem komputerisasi berbasis daring atau online untuk mendapatkan data penerima beasiswa yang valid. "Di situ bisa kelihatan oleh Biro Kesra," ujar legislator asal Kuantan Singingi tersebut.


"Kalau menggunakan cara manual, ini kan memang ada beberapa kekurangannya. Seperti proses verifikasi data tidak cocok dengan yang sebenarnya," sambungnya.


Biro Kesra Riau diperkirakan akan mengajukan usulan alokasi dana untuk bantuan pendidikan bagi mahasiswa Riau di APBD Perubahan 2017. "Kalau sudah valid, mungkin nanti di APBD Perubahan (TA 2017), bisa kita masukkan," ujarnya.


APBD Riau 2017 sendiri sudah disahkan dua minggu lalu, dengan nilai Rp10,459 triliun. Sampai kini dewan dan Pemprov Riau masih menunggu proses verifikasi APBD tersebut di Kementerian Dalam Negeri. (sfa)