City Portal of Pekanbaru

Dua nama calon wakil gubernur ternyata belum sampai ke dewan

ilustrasi-kekuasaan.jpg
(ist)

SEMPAT beredar kabar wakil rakyat di DPRD Riau akan membahas dua nama calon wakil gubernur yang diusulkan Partai Golkar, yakni Wan Thamrin Hasyim dan Ruspan Aman, pada pekan ini. Namun, pimpinan DPRD Riau membantah hal tersebut.

Alasannya, usulan dua nama untuk mengisi posisi wakil gubernur yang lowong sejak lama itu belum sampai ke dewan.

"Kita terus memantau dan mengawal nama dua orang itu, namun memang belum sampai juga ke dewan," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau Manahara Manurung di Pekanbaru, Senin (19/12), seperti dikutip dari Antara.

Hal itu dikatakannya menanggapi pernyataan Koordinator Wilayah Riau Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, Idris Laena. Dikatakan Laena, dua nama itu sudah disetujui DPP Golkar dan diajukan ke DPRD Riau untuk dibahas pekan ini.

"Pernyataan itu merupakan hak beliau (Idris Laena) sebagai pengurus partai, namun pimpinan dewan belum menerima nama-nama calon wagub itu," tegasnya.

Politisi PDIP itu mengatakan, jika memang sudah diajukan tentunya akan dibahas DPRD Riau. "Kalau sudah masuk nama calon wagub itu, sekarang pun akan dibahas dan tidak perlu menunggu-nunggu lagi," paparnya.

"Tapi yang mau dibahas itu belum ada sampai ke DPRD Riau. Kita mengharapkan nama-nama wagub itu cepat dibahas sehingga posisinya secepatnya terisi. Sehingga roda pemerintahan Pemprov Riau berjalan baik, karena gubernur dapat berbagi tugas," tambahnya.

Sementara itu, mengenai adanya informasi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman tidak bersedia didampingi wakil gubernur hingga habis masa jabatannya pada 2019, menurut Manahara Itu hanya praduga sebagian pihak.

Dikatakannya, gubernur tetap bersedia dibantu dengan wakil gubernur. Apalagi sesuai undang-undang memang harus ada wakil gubernur. Sekarang terserah Partai Golkar, sebagai pemenang Pilgubri 2013, yang menentukannya.

Sebelumnya beredar DPP Golkar Nomor B-876/GOLKAR/XII/2016 yang telah menunjuk dua nama untuk diusulkan DPRD Riau sebagai bakal calon Wakil Gubernur Riau guna mengisi kekosongan jabatan itu, yakni H Wan Thamrin Hasyim dan H Ruspan Aman.

Ruspan Aman saat ini masih menjabat Ketua Dewan Pengurus Harian DPD I Partai Golkar Riau dan sempat tiga periode menjadi anggota DPRD Riau. Sementara Wan Thamrin Hasyim adalah mantan Bupati Rokan Hilir. (ant)