City Portal of Pekanbaru


Kurang 3 bulan jadi Kapolda, Zulkarnain naik pangkat jenderal bintang dua

kapolda-riau.jpg
(ist)

KURANG dari tiga bulan menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Zulkarnain Adinegara sudah naik pangkat menjadi bintang dua. Ia kini resmi menyandang pangkat Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi.

Itu tak terlepas dari ditingkatkannya status Polda Riau dari tipe B menjadi tipe A beberapa waktu lalu. Konsekuensi logisnya, Polda Riau mesti dipimpin oleh seorang jenderal polisi bintang dua.

Upacara kenaikan pangkat Zulkarnain Adinegara digelar di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (20/12), yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Zulkarnain tak sendiri. Secara keseluruhan ada 21 perwira Polri mendapatkan kenaikan pangkat. Tiga di antaranya merupakan Kapolda. Selain Zulkarnain, juga ada Kapolda Lampung Irjen Sudjarno dan Kapolda Kepulauan Riau Irjen Sam Budigusdian.

Secara kebetulan ketiga Polda sama-sama baru ditingkatkan menjadi tipe A. Secara otomatis pula Wakil Kapolda di masing-masing daerah tersebut juga mendapatkan kenaikan pangkat.

Mereka adalah Wakapolda Lampung Brigjen Pol Bonifasoius Tampoi, Wakapolda Riau Brigjen Pol Ermi Wityatno, dan Wakapolda Kepulauan Riau Brigjen Didi Haryono.

Selain itu, sejumlah perwira dengan jabatan lainnya juga mendapatkan kenaikan pangkat. Mereka umum petinggi polisi di Mabes Polri, seperti Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto, Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi Kapolri Irjen Prasta Wahyu Hidayat, Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum ( Karosunluhkum) Divisi Hukum Brigjen Pol Agung Makbul, dan Kepala Pusat Inafis Bareskrim Polri Brigjen Pol Hudi Suryanto.

Dua Widyaiswara Utama Sesp Polri, Irjen Charles Victor Sitorus dan Irjen A Kamil Razak ,juga dinaikkan pangkatnya.


Guntur tersenyum

Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo mengemukakan, selain Kapolda dan wakilnya, nanti juga akan kenaikan pangkat untuk Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau dari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar (Kombes) Polisi.

Guntur juga bakal tersenyum. Pasalnya, selaku Kabid Humas Polda Riau, Guntur naik pangkat dari AKBP menjadi Kombes

"Rencananya untuk (upacara) kenaikan pangkat SPN dan Kabid Humas Polda Riau dilaksanakan pada 30 Desember 2016," kata Guntur. (kps/dtc)