City Portal of Pekanbaru


Untung ada Sadio Mane, Liverpool menangkan derby lewat gol di injury time

sadio-mane.jpg
(goal)

SADIO Mane tampil sebagai pahlawan Liverpool berkat golnya di injury time untuk memenangkan pertandingan derby merseyside, 1-0, di kandang Everton, Stadion Goodison Park, Selasa (20/12) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, The Reds kembali ke posisi kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris, mengumpulkan 37 poin. Liverpool terpaut enam poin dari Chelsea di puncak klasemen dan unggul satu angka dari Manchester City serta tiga angka dari Arsenal.

Sementara itu, bagi Everton ini adalah kekalahan keempat dalam enam pertandingan liga terakhir. The Toffees pun tercecer di posisi kesembilan klasemen dengan perolehan 23 poin.

Bermain di kandang sendiri, Goodison Park, Everton justru sulit mengembangkan permainan mereka.

Statistik Premier League mencatat bahwa laga ini didominasi oleh Liverpool. Mane Cs sukses menorehkan penguasaan bola hingga 67,6 persen.

Meski begitu, tak banyak peluang yang tercipta dalam pertandingan ini. Saat babak pertama, statistik mencatat sama sekali tidak ada tembakan tepat sasaran.

Opta pun mencatat bahwa laga ini merupakan kali kedua di Liga Primer Inggris musim ini yang nihil tembakan on target saat babak pertama. Uniknya lagi, Liverpool juga membutuhkan waktu selama 27 menit untuk bisa menyentuh bola di area kotak penalti Everton.

Memasuki babak kedua, barulah pertandingan terlihat berjalan lebih menarik. Kali ini, pasukan Juergen Klopp tampak lebih gencar dalam melancarkan serangan.

Peluang emas didapat Roberto Firmino pada menit ke-50. Setelah lolos dari jebakan offside, pemain asal Brasil itu melepaskan tembakan jarak dekat dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Everton, Maarten Stekelenburg.

Namun, upaya Firmino belum membuahkan hasil karena sukses digagalkan Stekelenburg.

Bola memang sempat kembali dikuasai Firmino dan diarahkan kepada Sadio Mane. Akan tetapi, Mane gagal memanfaatkan situasi tersebut.

Pada menit ke-63, pertandingan sempat dihentikan karena Stekelenburg mengalami cedera. Ia tak bisa melanjutkan laga dan akhirnya digantikan oleh Joel Robles.

Tempo permainan pada babak kedua sebetulnya meningkat ketimbang saat 45 menit pertama. Namun, jumlah peluang masih terbilang minim.

Buktinya, hingga interval ketiga, hanya tercipta dua tendangan mengarah ke gawang dari kedua tim.

Liverpool kemudian mencoba meningkatkan intensitas permainan dengan memasukkan Daniel Sturridge dan Emre Can pada menit ke-82.

Strategi itu berefek positif pada masa injury time. Berawal dari tendangan Sturridge yang mengenai tiang gawang, bola kemudian disambar Mane ke gawang Everton. Skor berubah, 1-0.

Seketika para pemain Everton pun tampak terpukul, tak menyangka bisa kebobolan pada masa akhir laga. (dtc/kps)