City Portal of Pekanbaru

Bilang suka banyak perempuan, Jokowi minta maaf ke istri

iriana-jokowi.jpg
(solopos)

PANDAI betul Presiden Joko Widodo mengambil hati wanita, dengan mengatakan, "Saya suka perempuan." Tapi untuk mengatakan, ia minta maaf dulu kepada sang istri, Ibu Negara Iriana Jokowi.

Sebagai bukti ia suka wanita, Jokowi mengatakan menempatkan banyak perempuan dalam kabinetnya.

"Saya sampaikan karena saya suka perempuan. Karena perempuan jeli dan teliti melihat masalah-masalah, jeli dalam melihat masalah-masalah yang ada. Laki-laki enggak," kata Jokowi.

Hal itu disampaikannya dalam acara peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 di Pelataran Masjid Agung Kompleks Pemerintah Daerah Banten, Jalan Syech Nawawi Al Bantani, Kota Serang, Banten, Rabu (22/12)..

Dia juga melihat perempuan tahan uji dan jarang mengeluh.

Hal itu ia alami sendiri saat bekerja bersama para menteri-menteri perempuan.

"Menteri saya yang perempuan tidak pernah mengeluh, ini yang saya alami. Saya coba memilih menteri saya perempuan karena jeli, teliti, dan enggak pernah mengeluh," kata dia.

Presiden mencontohkan di Banten sendiri ada delapan bupati dan wali kota. Empat di antaranya adalah perempuan.

Di Indonesia, Jokowi mencatat di antara bupati/wali kota dan wakilnya, ada sedikitnya 77 wakilnya yang perempuan.

Lalu setengah bercanda, Jokowi meminta maaf kepada istrinya, Iriana, yang hadir mendampinginya dalam acara tersebut. Karena selama ini bekerja dengan banyak perempuan yang hebat.

"Jadi jangan pernah meremehkan kemampuan para ibu karena begitu mereka turun tangan bisa selesai semua masalah kita," kata Jokowi. (ant/sfa)