City Portal of Pekanbaru


Gubernur minta Bupati Kuansing segera bentuk BPBD

kebakaran-hutan-dan-lahan.jpg
(ist)

SAMPAI saat ini Kabupaten Kuantan Singingi belum memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Padahal, keberadaan lembaga itu penting bagi daerah dalam mengatasi bencana yang terjadi.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pun mendorong Kuansing membentuk BPBD.

"Perlunya suatu daerah membentuk BPBD karena bencana bisa saja terjadi dimanapun. Tidak hanya menyangkut kebakaran hutan dan lahan. Tetapi juga perlu diantisipasi bencana lainnya seperti banjir dan longsor," kata Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Selasa (27/12).

Andi Rachman melalui Kepala BPBD Riau Edward Sanger mengimbau Bupati Kuansing, Mursini untuk segera membentuk BPBD. Pasalnya kawasan setempat merupakan titik rawan banjir sehingga akan mempermudah koordinasi antara BPBD provinsi dengan BPBD kabupaten dalam upaya penanggulangan bencana.

Sementara itu, sebelas BPBD Kabupaten/Kota se-Riau memperoleh penghargaan atas keberhasilannya dalam menerapkan terobosan dan inovasi dalam melakukan penanggulangan bencana dan tanggap bencana sepanjang 2016 ini.

Penghargaan diberikan Pemprov setempat melalui BPBD Riau dalam acara refleksi pelaksanaan Pusdalkarhutla 2016.

Berikut daftar penghargaan yang diperoleh BPBD Kabupaten/kota yang dikelompokkan berdasarkan kategori berbeda.

BPBD Kabupaten Pelalawan penerima penghargaan aktivasi posko banjir dan longsor, Indragiri Hulu penerima penghargaan respon cepat penanganan bencana banjir, Rokan Hilir penerima penghargaan aktivasi posko karhutla, Kampar penerima penghargaan dapur umum.

Selanjutnya ada Kabupaten Rokan Hulu pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana, Indragiri Hilir penerima penghargaan pembentukan desa tangguh bencana, Siak penerima penghargaan pembentukan relawan, Pekanbaru penerima penghargaan penanganan kebakaran pemukiman.

Kemudian, Bengkalis penerima penghargaan perencanaan penanggulangan bencana, Kepulauan Meranti penerima penghargaan pusat data dan informasi, dan Dumai penerima penghargaan pemberdayaan masyarakat penanggulangan bencana. (ant/sfa)