City Portal of Pekanbaru

Insiden ngelantur, ini daftar pilot berkasus

pilot.jpg
(ist)

INSIDEN pilot 'ngelantur' jelang penerbangan pesawat Citilink QG 800 rute Surabaya-Jakarta, Rabu (28/12) pagi, mengingatkan publik di Tanah Air sejumlah kasus pilot bermasalah. Terutama karena kasus narkoba.

Kasus ini menjadi perhatian mengingat vitalnya peran pilot dalam sebuah penerbangan, yang berdampak langsung pada keselamatan para penumpang.

Pada 2011, pilot Lion Air bernama Muhammad Nasri tertangkap basah tengah berpesta sabu bersama rekannya yang merupakan kopilot, Husni Thamrin dan Imron.

Ketiganya dibekuk di Apartemen The Colour, Modernland, Kota Tangerang atas kepemilikan dan penggunaan narkotika jenis sabu dan 4 butir ekstasi.

Setahun kemudian, Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap pilot Lion Air bernama Syaiful Salam di Surabaya, Jawa Timur, pada Februari 2012.

Syaiful tertangkap tengah mengonsumsi sabu di kamar hotel. Petugas menyita sebuah paket sabu seberat 0,4 gram dari Syaiful.

Lalu, pada 2013, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan mengindikasikan seorang kopilot Garuda Indonesia mengonsumsi narkoba setelah tes urine dilakukan di Bandar Udara Internasional Hasanuddin, Makassar. (bbci/sfa)