City Portal of Pekanbaru


Liverpool gasak Stoke 4-1 dan gusur City di posisi dua klasemen

adam-lallana.jpg
(ist)

SEMPAT tertinggal lebih dulu, Liverpool berhasil bangkit dan memukul balik tamunya, Stoke City, untuk meraih kemenangan 4-1 dalam laga pekan ke-18 Liga Primer Inggris di Stadion Anfield, Rabu (28/12) dini hari WIB.

Ribuan pendukung The Reds, julukan Liverpool, sempat terdiam oleh gol Jonathan Walters yang merobek gawang Simon Mignolet di awal babak pertama. Tapi kemudian pasukan Juergen Klopp tampil dominan dan meraih kemenangan lewat gol-gol yang dicetak Adam Lallana, Roberto Firmino, Daniel Sturridge serta satu gol bunuh diri dari Giannelli Imbula.

Liverpool pun mengikuti jejak para penghuni empat besar klasemen lainnya yang lebih dulu meraih kemenangan pada pertandingan di musim liburan Natal alias Boxing Day kali ini. Sebelumnya Chelsea menang 3-0 atas Bournemouth, Arsenal 1-0 atas West Bromwich Albion dan Manchester City 3-0 atas Hull City.

Dengan tambahan tiga poin tersebut, tim besutan Juergen Klopp itu kembali ke peringkat kedua klasemen dengan raihan 40 poin menggeser City (39). Sedangkan Stoke (21) tergelincir ke urutan 13.

Lallana pecah kebuntuan

Tuan rumah sempat dikejutkan dengan gol pembuka dari Walters, yang leluasa menanduk umpan silang Pieters lantaran Dejan Lovren terlambat mengawal pergerakan penyerang berusia 33 tahun itu. Ditambah antisipasi nan buruk dari penjaga gawang Simon Mignolet. Stoke City pun unggul 1-0 di menit 12.

Liverpool harus melakukan dua penyelamatan gemilang beruntun pada menit 18 atas percobaan tembakan Joe Allen dan sapuan Ragnar Klavan atas upaya Pieters menyambar bola muntah.

Ketertinggalan satu gol sempat menimbulkan sedikit frustrasi di antara para pemain tuan rumah. Apalagi tembakan Firmino pada menit 25 berhasil dihalau oleh Peter Crouch di garis gawang tim tamu.

Di menit ke-35, Liverpool menyamakan kedudukan. Sadio Mane mendapatkan umpan terobosan di kanan, dan coba meneruskan bola ke Adam Lallana yang berlari masuk ke kotak penalti.

Bola sempat lepas dari penguasaan Lallana, tapi kemudian kembali padanya usai membentur Glen Johnson. Dari sudut sempit dia menaklukkan Grant dengan sepakan mendatar.

Firmino membuang kans bagus tiga menit berselang. Menerima sodoran dari Lallana dalam posisi cukup bebas, tembakan melambung tipis di atas gawang.

Tapi Firmino kemudian menebusnya dengan sebuah gol di menit ke-44. Menerima umpan dari Milner di sisi kiri di dalam kotak penalti, Firmino mengarahkan tendangan mendatar yang sempat terping-pong dari tiang kanan ke tiang kiri gawang sebelum akhirnya jadi gol.

Giliran Mane mendapatkan peluang bagus di masa injury time. Hanya saja tendangannya cuma melebar tipis saja ke kanan gawang. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Lima menit babak kedua, Liverpool menebar bahaya melalui aksi James Milner di sisi kiri. Tembakannya masih melebar ke kanan gawang.

Di menit ke-59, Liverpool memperlebar keunggulan. Kembali menekan dari sisi kiri, umpan silang Divock Origi mengarah ke Mane di depan gawang. Gianni Imbula coba memotong umpan, tapi malah membuat bola masuk gawangnya sendiri.

Baru beberapa detik masuk ke lapangan, Daniel Sturridge memperbesar keunggulan Liverpool di menit ke-70. Ryan Shawcross kurang awas saat melakukan umpan ke kiper sehingga bola dicuri Sturridge, yang kemudian dengan mudah melewati Grant dan menceploskan bola ke dalam gawang kosong.

Tak lama berselang, Firmino membuang kans bagus dari jarak dekat. Umpan silang Lovren mengarah kepadanya di depan gawang, namun gagal diteruskan ke dalam gawang. Bola membentur badannya dan diamankan oleh kiper.

Stoke sempat mengancam di menit ke-78, kala Ibrahim Afellay mengarahkan tendangan dari jarak jauh. Cuma tipis di atas gawang Liverpool.

Liverpool di satu sisi kian nyaman mengontrol pertandingan. Sebuah upaya Alberto Moreno di menit ke-83 dengan tendangan akrobatik di dalam kotak penalti diblok pertahanan Stoke.

Tak ada lagi gol tercipta sampai laga berakhir. Liverpool menang 4-1. (skysports/ant/dtc/sfa)

Susunan pemain:
Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Ragnar Klavan, James Milner; Adam Lallana (Emre Can), Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Sadio Mane, Divock Origi (Daniel Sturridge), Roberto Firmino (Alberto Moreno).
Pelatih: Juergen Klopp.

Stoke City (4-2-3-1): Lee Grant (PG); Glen Johnson, Ryan Shawcross, Bruno Martins Indi, Erik Pieters; Glenn Whelan (Ramadan Sobhi), Gianelli Imbula; Jonathan Waters, Joe Allen, Mame Biram Diouf (Ibrahim Afellay); Peter Crouch (Wilfried Bony).
Pelatih: Mark Hughes.