City Portal of Pekanbaru

Sebentar lagi tahun baru, Satpol PP awasi pedagang petasan

jua-petasan.jpg
(ist)

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru akan melakukan pengawasan ketat dan penertiban bagi pedagang petasan jelang malam pergantian tahun masehi, khususnya mereka yang kedapatan menjajakan petasan dan kembang api tak sesuai ketentuan.

"Pengamanan itu wewenang kepolisian. Kami hanya pengawasan pedagang petasan," kata Kepala Badan Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian di Pekanbaru, Raabu (28/12), seperti dikutip dari antarariau.

Zulpahmi menjelaskan pihaknya hanya bertugas di hilir atau proses penjualan petasan setelah di tangan pengecer. Sementara hulu bagian gudang dan pemasok itu kewenangannya di kepolisian.

Namun demikian agar sama-sama menciptakan kenyamanan masyarakat dalam malam pergantian tahun nantinya, Satpol PP akan terus memantau dan mengawasi para pedagang yang berjualan.

"Kami akan peringatkan dan pantau jenis petasan yang akan diperdagangkan," katanya menambahkan.

Di sisi lain Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Pekanbaru dari partai PAN Sondia Warman mengatakan, Pemerintah Kota Pekanbaru diminta intens melakukan pengawasan terhadap penjualan petasan. Terutama mendekati pergantian tahun 2017.

"Dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan dan keamanan masyarakat. Satuan kerja teknis seperti Satpol PP dan Disperindag harus memperketat peredaran petasan ini," kata Sondia Warman.

Menurut Sondia lagi, jika tak bijak menggunakannya, petasan bisa membahayakan bagi keselamatan baik pemain atau pun yang terkena dampaknya.

"Sudah banyak korban. Ini yang harus kita cegah," kata dia. (sfa)