City Portal of Pekanbaru

APBD Rohil disahkan Rp 1,7 triliun, pendapatan asli daerah cuma Rp 108 miliar

dprd-rohil.jpg
(riaunews)

TIGA hari sebelum pergantian tahun, DPRD Rokan Hilir akhirnya ketok palu mengesahkan APBD 2017. Nilainya Rp 1,7 triliun lebih.

"Malam ini pengesahan APBD Rohil 2017 telah kita laksanakan dengan angka Rp1,7 triliun lebih," kata Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan pada Kamis (29/12) malam, seperti dikutip dari antarariau.

Pengesahan dilakukan dalam sidang paripurna dengan agenda pokok penyampaian laporan pembahasan Ranperda, tentang RAPBD Rohil oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD, sekaligus pengambilan keputusan dan penutupan masa sidang 2016.

Juru bicara tim Badan Anggaran (Banggar) DPRD Rohil, Darwis Syam menyebutkan bahwa APBD Rohil 2017 ini diperuntukkan bagi pemenuh visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati sebagaimana yang tertuang didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Yakni terwujudnya Kabupaten Rokan Hilir sebagai Kawasan Industri guna Menuju Masyarakat Madani, Mandiri dan Sejahtera.

"Tahun 2017 ini merupakan tahun awalnya dimulainya visi dan misi tersebut," kata Darwis Syam.

Postur APBD Rohil 2017 sebesar Rp1,7 triliun itu terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp108 miliar, dana perimbangan sebesar Rp1,4 triliun dan lain-lain pendapatan sah sebesar Rp207 miliar lebih.

Kemudian, belanja pada APBD 2017 ini ditetapkan sebesar Rp1,5 triliun. Dengan rincian belanja tidak langsung sebesar Rp926 miliar dan belanja langsung Rp659 miliar lebih.

Selanjutnya, tunjangan daerah berupa penerimaan pembiayaan sebesar Rp25 miliar, dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp2 miliar lebih.

Bupati Rokan Hilir Suyatno mengapresiasi kinerja DPRD, sekaligus mengingatkan para pejabatnya untuk melaksanakan anggaran dengan efisien. Mengingat kondisi perekonomian yang kian lesu dan pemangkasan anggaran terjadi hampir di seluruh Indonesia.

Sementara tahun 2017 diprediksi perekonomian masih akan sulit bangkit. "Insya Allah 2018 nanti mudah-mudahan negara ini kembali stabil," kata Suyatno.

Selanjutnya APBD Rohil 2017 itu akan dikirim ke Pemprov Riau untuk dievaluasi. (sfa)