City Portal of Pekanbaru


Awas terjebak kerumunan, cek info rekayasa lalu lintas di malam tahun baru

kembang-api.jpg
(ditlantas polda riau)

SEJUMLAH lokasi yang biasa menjadi tempat keramaian di Kota Pekanbaru, seperti kawasan Purna MTQ, bakal disesaki warga saat perayaan menyambut Tahun Baru 2017 besok, Sabtu (31/12). Rekayasa lalu lintas akan dilakukan kepolisian untuk menghindari kemacetan.

Rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan di sejumlah ruas jalan protokol.

Wakapolresta Pekanbaru AKBP Adi Wibowo mengemukakan, rekayasa lalu lintas akan dilakukan di 11 titik yang dianggap rawan terjadi kemacetan saat malam pergantian tahun.

Di antaranya adalah penutupan dua u-turn atau jalur memutar di Jalan Jenderal Sudirman sekitar kawasan Purna MTQ.

Selanjutnya pengalihan arus juga dilakukan di Jalan Sudirman ujung mengarah ke Bandara Sultan Syrif Kasim II Pekanbaru. Pengendara akan langsung diarahkan ke Jalan Kaharudin Nasution dan Adi Sucipto, lanjut ke Rawa Mulia dan Arifin Achmad. Pengalihan arus juga dilakukan dari arah Selatan ke Utara.

Kemudian penutupan seluruh u-turn akan diberlakukan di Jalan Arifin Achmad. Pengendara langsung diarahkan ke Jalan Soekarno Hatta. Berikutnya pengalihan arus akan dilakukan di persimpangan Mall SKA.

Sementara di Jalan Riau, petugas akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah titik.

"Nanti di setiap titik yang dilakukan pengalihan arus akan ada polisi yang berjaga dan melakukan pengarahan," terang AKBP Adi Wibowo kepada pers di Pekanbaru, Jumat (30/12).

Polresta Pekanbaru akan mengerahkan 1.112 personel untuk mengamankan malam pergantian tahun besok.

Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru Kompol Budi Setiawan mengimbau warga agar tidak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan saat malam tahun baru karena itu akan menambah kemacetan. Terutama di kawasan Purna MTQ.

"Kita akan tempatkan water barrier di beberapa lokasi badan jalan yang dilarang parkir serta pengalihan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun," kata dia.

Selain di Purna MTQ, titik keramaian lainnya di Kota Pekanbaru saat malam pergantian tahun biasanya adalah kawasan Jl Diponegoro, Jl Gajah Mada, dan sekitar kantor gubernur, seperti Jl Cut Nyak Dien. (ant/sfa)