City Portal of Pekanbaru

Kapolri jamin malam tahun baru aman

kapolri.jpg
(antara)

BESOK malam, Sabtu (31/12), banyak warga diperkirakan tumpah ruah ke jalan dan tempat-tempat keramaian menyaksikan detik-detik datangnya tahun baru 2017.

Sementara sejumlah tersangka terduga teroris yang baru-baru ini ditangkap disebut akan merencanakan aksi teror di malam pergantian tahun.

Menyikapi hal itu, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian menjamin perayaan tahun baru bakal berjalan dengan aman.

"Tahun baru Insya Allah aman. Silakan masyarakat melaksanakan kegiatannya dengan baik. Tidak usah main petasan atau mercon karena membahayakan," ujar Tito saat ditemui usai mengisi kuliah umum di Universitas Airlangga, Surabaya, dengan tema "Peran dan Kebijakan Polri dalam menjaga persatuan Bangsa dalam Kebhinnekaan di Indonesia", Kamis (29/12).

Dia juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan tahun baru dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dibandingkan keluar rumah, konvoi ataupun berpesta miras karena bisa mengganggu orang lain.

Ditanya tentang ancaman teror yang akan terjadi di malam pergantian tahun, Kapolri menjamin itu tidak akan terjadi. Karena Polri sudah mengantisipasi hal tersebut, dengan menangkapi sejumlah terduga pelaku teror.

"Saya kira mudah-mudahan sudah dapat kita atasi meskipun kita tetap waspada. Penangkapan-penangkapan kita laksanakan, beberapa rencana terkait ancaman teror sudah kita deteksi dan sudah kita gagalkan," tegasnya.

Namun pihaknya tetap waspada dengan ancaman yang terjadi. Untuk itu dirinya siap bekerja sama dengan elemen terkait guna mengantisipasi ancaman-ancaman yang terjadi di malam pergantian tahun baru.

"Kepolisian sudah bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak terkait, entah dari pemda, TNI, organisasi masyarakat. Ini semua kami lakukan untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat," kata dia.

Selama Desember ini aparat Densus 88 Antiteror melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang di Bekasi (Jawa Barat), Tangerang Selatan (Banten), dan Purwakarta (Jawa Barat), yang diduga hendak melakukan aksi teror di malam Natal dan Tahun Baru.

Selain di tiga tempat itu, Densus juga menangkap beberapa terduga teroris di Payakumbuh (Sumbar), Deliserdang (Sumut), dan Batam (Kepri). (ant/sfa)