City Portal of Pekanbaru


Ronaldo tolak tawaran 'gila' Rp 4,2 triliun supaya hengkang dari Madrid, ini alasannya

bintang.jpg
(ist)

KLUB-klub di Liga Super China semakin 'gila' memburu para pemain top dunia. Bahkan ada yang berani menawar pemain terbaik dunia empat kali, Cristiano Ronaldo, dengan mengajukan proposal fantastis, yakni 300 juta euro atau sekitar Rp 4,2 triliun!

Jorge Mendes, agen Ronaldo, menyebut tawaran itu sudah disampaikan sebuah klub China kepada Real Madrid, klub Spanyol yang kini menjadi tempat bernaung sang bintang.

Bukan cuma nilai transfer segunung, yang bakal menjadikan Ronaldo kembali pemain termahal dunia sejagat. Bintang Portugal itu juga ditawari gaji 100 juta euro (Rp 1,4 triliun) per tahun.

Tapi tawaran gaji 100 juta euro itu sama nilainya empat kali gaji Ronaldo saat ini di Real Madrid.

Ronaldo sendiri pernah tercatat sebagai pesepakbola dengan bayaran tertinggi dunia, sebelum disalip Carlos Tevez yang baru-baru ini pindah ke Liga Super china.

Bagaimana tanggapapan Rolando terhadap tawaran menggiurkan itu?

Mendes mengungkapkan, Ronaldo tanpa ragu-ragu menolak pinangan klub China kepada Real Madrid itu.

Kata Mendes, kendati diiming-imingi bayaran tertinggi dunia, Ronaldo menolak pinangan China itu karena menurut dia bermain sepak bola tidak semata karena uang.

"Ada tawaran senilai 300 juta euro kepada Real Madrid dan sekitar 100 juta euro per tahun kepada pemain itu dari China," kata Mendes kepada Sky Sport Italia.

"Tetapi uang bukan segalanya, klub Spanyol itu (Real Madrid) adalah hidupnya," kata dia lagi.

Ronaldo, peraih Ballon d'Or 2016 sebagai pemain terbaik dunia, sudah memperpanjang kontrak dengan Madrid pada November lalu. Kontrak baru itu akan membuatnya bertahan di Madrid sampai 2021.

Ronaldo tampaknya betah merumput di Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid, klub yang dibelanya sejak 2009. Bersama El Real ia sukses dua kali mengangkat trofi juara Liga Champions dan satu gelar juara La Liga.

Musim ini Real Madrid juga tengah berada di posisi terdepan dalam perebutan juara La Liga.

Sementara itu, Liga Super China terus mendatangkan bintang-bintang besar dari Eropa dan Amerika Latin. Yang paling akhir, klub-klub China sukses merekrut bintang Brasil Oscar dari Chelsea dan bintang Argentina Carlos Tevez, dengan mengimingi kedua pemain nilai transfer besar-besaran.

Oscar bergabung dengan Shanghai SIPG, sedangkan Tevez berlabuh di klub Shenhua.

Kepindahan Tevez, mantan pemain Manchester United, ke Liga Super China bahkan diiringi pemecahan rekor bayar tertinggi dunia. Mengalahkan gaji Ronaldo di Real Madrid.

Melihat fenomena itu, pantas saja pelatih Arsenal, Arsene Wenger menyebut Liga Super China 'ancaman' bagi klub-klub besar di Eropa. (goal/ant/sfa)