City Portal of Pekanbaru

Bupati Wardan klaim realisasi anggaran 83,89 persen

bupati.jpg
(ist)

BUPATI Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mengklaim realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanjaan Daerah (APBD) 2016 mencapai 83,89 persen. Sebuah pencapaian yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

"Perlu pula kembali saya sampaikan bahwa hasil rapat pada 30 Desember 2016 lalu, capaian keuangan APBD 2016 terealisasi sebesar 83,89 persen dengan realisasi fisik mencapai angka 92,27 persen," terang Bupati Wardan di Tembilahan, Selasa (3/1).

Perhitungan ini dikatakannya, berdasarkan hasil rapat yang dilakukan pada 30 Desember 2016 lalu, dan kembali disampaikannya pada apel upacara gabungan di lingkungan pemerintah Kabupaten Inhil, Selasa.

Lebih lanjut ia menerangkan, khusus untuk capaian fisik SKPD, terdapat lima SKPD yang tepat waktu dalam menyampaikan laporan realisasi fisik setiap bulan serta meraih capaian terbaik pada tahun anggaran 2016 lalu.

"Adalah Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Sosial dengan capaian angka masing-masing dinas 100 persen, Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan dengan pencaian 99,96 persen, bagian Ortala Setda Inhil mencapai 98,82 persen, Kantor RSUD Tengku Sulung Pulau Kijang mencapai 100 persen dan terakhir Kecamatan Reteh dengan capaian 99,98 persen," terangnya.

Selanjutnya, untuk pencapaian keuangan dengan indikator penilaian berupa persentase pagu anggaran dan realisasi anggaran serta persentase dan penyampaian laporan bulanan diantaranya adalah, Dinas pendapatan dengan serapan 98 Persen, Badan Satpol PP mencapai 94,52 persen, Bagian Keuangan Setda Inhil 95,41 persen, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan 97,52 persen dan Kecamatan Gaung Anak serka dengan capaian 99,56 persen.

Selain itu, pada apel gabungan ini, Bupati Wardan juga melepas 593 orang PNS di lingkungan pemkab inhil yang statusnya dialihkan ke Provinsi terkait Undang-undang no 23 tahun 2014. Mereka itu 519 dari Dinas Pendidikan, satu orang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, satu orang Dinas Kelautan dan Perikanan, enam oran g Dinas Pertambangan dan Energi serta 66 orang dari Dinas Kehutanan.

"Atas nama Kabupaten Inhil saya berimakasih dan penghargaan sebesar besarnya atas sumbangsih dan pengabdian yang diberikan kepada kabupaten Inhil," ujarnya.

Melalui apel pagi ini, selaku pimpinan daerah ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta apel dan kepada seluruh pegawai di lingkungan pemkab inhil yang telah berpartisipasi, berperan dan berkontribusi dalam pembangunan Inhil. (ant/sfa)