City Portal of Pekanbaru

Para kameramen silakan keluar, sidang Ahok tidak boleh live

ahok-sidang.jpg
(ist)

SEPERTI keputusannya dulu, ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto‎ melarang sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur DKI nonaktif, disiarkan langsung ketika sudah sampai pada pemeriksaan saksi-saksi.

Karena itulah, di awal persidangan keempat yang digelar di auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa (3/1), dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi, hakim Dwiarso di awal sidang menyuruh kameramen televisi untuk keluar.

Sebelum sidang dimulai, beberapa media memang diperbolehkan masuk, tetapi hanya untuk mengambil gambar.

''Persidangan ini tidak live (siaran langsung), untuk itu kameramen dipersilakan keluar, di ruangan ini hanya wartawan cetak dan tulis dan reporter. Silakan,'' kata Ketua majelis hakim, Dwiarso Budi Santiarto‎.

Yang cukup mengherankan, kepolisian bertindak lebih jauh dengan melarang seluruh awak media massa masuk ke dalam ruang sidang, baik cetak maupun elektronik, tanpa alasan jelas. Sempat terjadi saling dorong antara wartawan dan polisi.

''Ini tidak adil, kalau memang tidak boleh. Semuanya tidak boleh. Kita di sini dari pagi, sudah tidak dikasih layar maupun pengeras suara bagaimana kita bisa mengabarkan jalannya sidang," kata salah satu wartawan, di depan pintu masuk ruang sidang.

Meski beberapa kali mencoba dialog dengan kepolisian, namun mereka tetap tidak mengizinkan media untuk meliput. Sekalipun ada yang masuk ke ruang sidang, tidak diperbolehkan untuk membawa handphone maupun alat elektronik lainnya.

Kesan tertutup semakin diperkuat dengan penutupan ruangan yang menghubungkan tempat persidangan. Bahkan, jendela kaca di ruangan tersebut ditutup gorden. Petugas juga mengunci ruangan tersebut.

Terlihat enam petugas kepolisian berjaga-jaga di depan ruangan itu.

Sidang lanjutan yang pertama kali digelar di auditorium Gedung Kementerian Pertanian, atas permintaan kepolisian dengan alasan keamanan, dimulai agak telat. Sekitar pukul 09.18 WIB.

Ahok sendiri masuk ke ruang persidangan melalui pintu karyawan di Gedung A Kementan, sehingga kedatangannya tidak diketahui oleh media.

Meski demikian, sempat terlihat Ahok memasuki ruang sidang. Ahok hadir dengan mengenakan batik kekuningan dan memberikan hormat kepada pengunjung sidang sesaat sebelum sidang dimulai. (rpblk/lp6/sfa)