City Portal of Pekanbaru


Target parkir tahun ini cuma naik Rp 500 juta

parkiran.jpg
(ist)

TAHUN ini target pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir di Kota Pekanbaru sebesar Rp 8 miliar. Bertambah Rp 500 juta dibanding 2016 lalu.

Berkaca dari pencapaian tahun lalu, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkomimfo) optimistis target itu sangat realistis.

"Kami sudah menetapkan target penerimaan tahun ini Rp8 miliar tidak jauh beda dengan realisasi 2016," kata Kepala Unit Pelayan Terpadu Parkir Dishubkomimfo Pekanbaru Bambang Armanto di Pekanbaru, Senin (2/1), seperti dikutip dari antarariau.

Menurut Bambang, penetapan target PAD sektor pajak 2017 ini telah berdasarkan analisa dan perhitungan capaian tahun lalu.

Pada 2016 lalu, Dishubkomimfo Kota Pekanbaru berhasil menembus target yang ditetapkan. Dari target Rp7,5 miliar, sampai akhir 2016 terealisasi hingga menembus Rp 8,2 miliar.

"Target retribusi parkir 2016 melebihi awalnya Rp 7,5 miliar. Alhamdulilah, kita melampaui yang dimintai UPTD Parkir," ucapnya.

Dia menjelaskan, keberhasilan itu sebagai bentuk mulai terkoordinirnya wilayah parkir Kota Pekanbaru. “Itu juga hasil kerja keras anggota di lapangan," ujar Bambang.

Bambang mengatakan, untuk mencapai target di 2017, pihaknya akan melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya adalah dengan mulai menertibkan juru parkir. Kemudian menata tempat dan menempatkan kawasan parkir yang benar, sehingga tidak mengganggu kelancaran arus kendaraan.

Penetapan target penerimaan di sektor parkir ini sudah diusulkan dan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017. (sfa)