City Portal of Pekanbaru

220 pejabat dilantik isi OPD baru, hampir semuanya wajah lama

pelantikan-pejabat.jpg
(ist)

TAK ada kejutan dalam pengukuhan dan pelantikan para pejabat yang mengisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekanbaru, Selasa (3/1). Dari 220 pejabat eselon II dan III yang dilantik, hampir semuanya wajah lama.

"Pertimbangannya masih menggunakan pejabat lama karena kita masih hanya sifatnya mengukuhkan, disamping saya jabatannya juga masih Pelaksana tugas," kata Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger usai pelantikan.

Edwar juga menjelaskan statusnya sebagai Plt Wali Kota membatasi untuk membuat kebijakan-kebijakan yang signifikan dan bertentangan dengan ketentuan yang ada saat ini.

"Namun demikian saya berusaha untuk menempatkan pejabat tersebut sesuai kemampuannya dan hasil dari rumusan bersama dengan tim Badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) untuk peleburan Satuan Kerja Perangkat Daerah," terang Edwar.

Menurut dia semua pihak harus yakin dengan kerjasama yang dibangun oleh pejabat dan wajah lama yang baru dikukuhkan ini akan mampu mempercepat proses pelaksanaan pembangunan daerah.

"Kami optimis kedepan semua mampu bekerja, apalagi tadi sudah saya amanahkan kepada seluruh kepala SKPD agar bekerja lebih baik lagi," terang dia.

Ia juga meminta maaf kepada para pejabat yang memang merasa tidak puas dengan pelantikan dan pengukuhan ini.

"Saya menyadari ada beberapa rekan yang tidak setuju dan tak sesuai harapan, karena ada beberapa SKPD yang harus dilebur dan pejabat yang duduk selama ini tidak menjabat lagi.

Semoga mereka berlapang dada karena saya juga tidak bisa melakukan hal- hal yang signifikan. Itulah aturan yang harus saya patuhi karena saya masih Plt," terangnya panjang lebar.

"Barangkali setelah saya ditetapkan jadi Pejabat Walikota bisa memberikan warna," katanya menambahkan.

Ia berharap bagi yang tidak dilantik agar tetap bekerja dengan semangat.

"Bagi yang sudah dikukuhkan segera bekerja mari kita kejar capaian yang lebih lagi," ajaknya.

Edwar juga membantah pelantikan dan pengukuhan jabatan ini asal-asalan. Karena semua sudah dikaji dan berdasarkan aturan berlaku dimana roling bisa dilakukan untuk jabatan serumpun.

"Semua sudah kami kaji, kami tentunya tidak maulah melanggar aturan dan asal-asalan dalam penetapan ini," tegasnya

Ia berjanji akan melakukan evaluasi terhadap kinerja para pejabat setelah pelantikan ini.

Pada pelantikan tahap pertama ini ada 220 pejabat yang sudah diambil sumpahnya. Mereka terdiri dari 40 pejabat esselon II dan 180 pejabat esselon III A dan III B.

Berikut nama-nama pejabat yang dikukuhkan dan hampir semua wajah lama:
Sekretaris Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru M Noer MBS, Asisten I Bidang Pemerintah Setko Pekanbaru Azwan, Asisten II Bidang Perekomoniam dan Pembangunan Dedi Gusriadi, Asisten III Bidang Administrasin Umum Hj Mutia Eliza, Sekretariat DPRD Kota Pekanbaru Ahmad Yani.

Selanjutnya Kepala Inspektorat Daerah Kota Pekanbaru Azmi, Kepala Dinas Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru M Jamal, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru Helda S Munir, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekanbaru Zulkifli Harun, Kepala¿ Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru Ir Mulyasman, Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru Chairani, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru Burhan Gurning, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru Jhonny Sarikoen, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Pekanbaru Mahyuddin, Kepala¿ Dinas Pangan Kota Pekanbaru Syahmanar S Umar, Kepala Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru Kosong
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru Zulfikri, Kepala Dinas Administrasi, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru Baharuddin, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekanbaru Muhammad Amin, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Aripin Harahap, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian Kota Pekanbaru Eka, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Pekanbaru Neng Elida, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Kota Pekanbaru M Jamil, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru M Yusuf, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru Hermanius.

Kemudian Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru Hj Nelfiona, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru Elsyabrina, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru Ingot Hutasuhut, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kota Pekanbaru kosong, Kepala Badan Perencanaan Pembanguanan (Bappeda) Kota Pekanbaru Yusrizal, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru kosong, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Azharisman Rozie, Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Agus Pramono.

Sementara Camat Bukit Raya Masykur Tarmizi, Camat Marpoyan Damai Helmi Fiora, Camat Payung Sekaki Zarman Chandra, Camat Rumbai Zulhelmi, Camat Rumbai Pesisir Yuliarso, Camat Tampan Nurhaiminsyah, Camat Tenanyan Raya Abdurrahman, Camat Limapuluh Akmal, Camat Pekanbaru Kota Nofendike Prakasa, Camat Senapelan Edi Rizal, Camat Sukajadi Erisman Bustaman, Camat Sail Trisepna Saputra. (ant/sfa)