City Portal of Pekanbaru


Dele Alli digoda Madrid, sanggupkah Spurs menjaganya?

dele-alli.jpg
(ist)

BINTANG muda Tottenham Hotspur yang tengah bersinar, Dele Alli kini banyak dilirik. Yang bikin Spurs ketar-ketir terdengar kabar raksasa Spanyol, Real Madrid, ingin memboyong gelandang Inggris itu ke Santiago Bernabeu.

Alli, yang kini berusia 20 tahun, telah menciptakan 20 gol dan 10 assist di Liga Utama Inggris sejak bergabung dengan Spurs dari MK Dons musim panas 2015.

Performanya itu telah menarik perhatian Real Madrid, yang kabarnya terus memonitor Alli sejak musim lalu.

Real Madrid sendiri terhambat larangan merekrut pemain baru oleh FIFA pada jendela transfer Januari ini, akibat melanggar aturan transfer pemain. El Real baru bisa menawar Alli saat larangan itu berakhir musim panas nanti.

Spurs dikabarkan akan menolak mati-matian tawaran Madrid pada musim panas nanti guna pmendapatkan Alli. Tapi seberapa kuat Spurs melawan godaan Madrid?

Dengan reputasinya sebagai peraih gelar juara Liga Champions terbanyak, 11 titel, Madrid punya daya tarik besar bagi pesepakbola di muka bumi. Apalagi klub ini royal membelanjakan uang besar-besaran untuk mendapatkan pemain incarannya.

Sebelumnya, Madrid sukses menggaet Luka Modric dan Gareth Bale dari Spurs. Gareth Bale, misalnya, direkrut pada tahun 2013 lalu dengan nilai transfer selangit yang menjadikannya pemain termahal dunia kala itu.

Alli, Pemain Muda Terbaik Inggris, sudah memutuskan masa depannya dengan Spurs pada September ketika dia menandatangi perpanjangan kontrak sampai 2022.

Tottenham saat ini sedang membangun stadion baru sehingga akan menguras keuangannya. Manajer Mauricio Pochettino mengakui kemampuan belanja pemain dari klub ini akan terbatas untuk musim ke depan.

Untuk itu, bos Spurs Daniel Levy lalu proaktif memperpanjang kontrak pemain-pemain inti seperti Harry Kane, Jan Vertonghen, Christian Eriksen dan kapten Hugo Lloris.

Alli sendiri menjadi fokus dari kebijakan klub dan Tottenham akan mati-matian mempertahankan aset berharga mereka ini. (skysports/ant/sfa)