City Portal of Pekanbaru


Jokowi pastikan tak ada reshuffle, para menteri semangat lagi

senyum-jokowi.jpg
(ist)

PARA menteri di Kabinet Kerja juga manusia biasa. Ketika isu perombakan (reshuffle) kabinet mengemuka, mereka jadi kurang semangat kerja.

Tapi kini semangat mereka telah pulih lagi. Pasalnya, Presiden Joko Widodo sudah memastikan tidak akan ada perombakan kabinet dalam waktu dekat ini.

"Kabar bahagia buat menteri, buat menteri lho ya, tidak ada reshuffle," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada konferensi pers usai sidang kabinet paripurna di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/1/2017).

"Tidak ada reshuffle dalam waktu dekat," kata dia lagi.

Pramono mengungkapkan, pernyataan Presiden Jokowi di sidang kabinet perdana di 2017 itu membuat para menteri menyambutnya dengan gembira. Mereka pun bersemangat mengikuti sidang kabinet.

"Pak Darmin (Menteri Koordinator/Menko Perekonomian Darmin Nasution), Pak Luhut (Menko Maritim Luhut Pandjaitan), Pak Wiranto (Menko Polhukam) semangat semua karena tadi Presiden mengumumkan tidak ada ada reshuffle. Kedua, makanannya (untuk santap siang di Istana Bogor) dipilih Presiden, dan enak semua," tutur Pramono.

Dia mengungkapkan, Presiden Jokowi telah mengundang para penjual makanan angkringan yang terkenal dan enak di Bogor untuk menyajikan makan siang untuk para menteri yang mengikuti sidang kabinet paripurna.

"Jadi semua makanan angkringan di seluruh Bogor, hari ini dikumpulkan Presiden, mulai dari nasi goreng yang paling enak, sate kambing (soto) mie, dan macam-macam," kata Pramono.

Kabar resehuffle Kabinet Kerja jilid III berhembus kencang menyusul pernyaan petinggi Partai Gerindra, yang mengklaim ditawari empat pos menteri atau sederajat.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Puyono menyebutkan empat pos itu adalah Menko Polhukam, Menteri Pertanian, Menteri Tenaga Kerja, dan Kepala Staf Kepresidenan.

"Saya sudah dapat info A-1 dari orang dekat Pak Joko Widodo," ujar Arief kepada pers di Jakarta, Selasa (3/1/2017 lalu. (ant/tmp/sfa)