City Portal of Pekanbaru


Ramai Pilkada, Danrem ingatkan prajuritnya netral

nurendi.jpg
(ist)

PERTENGAHAN Februari nanti dua daerah di Riau, yakni Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, akan memilih pemimpin baru dalam perhelatan Pilkada serentak 2017.

Menyongsong pesta demokrasi tersebut, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi mengingatkan para prajuritnya selalu menjaga netralitas.

"TNI sebagai alat pertahanan negara wajib menjaga keamanan dalam pelaksanaan Pilkada dengan baik tanpa berpihak kepada salah satu kontestan dalam pesta demokrasi," kata Komandan Korem 031/Wirabima Brigjen TNI Nurendi usai memberikan pengarahan di hadapan ratusan prajuritnya bertempat di lapangan Makorem 031/Wirabima Jalan Mayor Ali Rasyid No 1 Pekanbaru, Rabu (4/1/2017).

Danrem mengatakan Pilkada yang dilaksanakan di Indonesia khususnya di Provinsi Riau merupakan salah satu pilar demokrasi, sebagai wahana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan yang jujur adil dan bersih.

Oleh karena itu, kata dia, dalam pelaksanaannya dibutuhkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat yang memenuhi persyaratan dalam pemilu untuk memberikan suara. Guna mendapatkan pemimpin pemerintahan yang bisa membawa daerah menjadi lebih baik.

Selanjutnya, sebut Nurendi, guna menjaga Netralitas TNI, maka setiap prajurit dan PNS jajaran Korem 031/Wirabima hendaknya mampu mempedomani aturan TNI dalam penyelenggaraan pemilu.

Dia mencontohkan, dengan tidak memberikan fasilitas milik TNI atau perorangan dalam bentuk apapun untuk kegiatan kampanye.

"Tidak memberikan komentar, penilaian dan mendiskusikan serta memberikan arahan apapun baik terhadap identitas maupun kualitas salah satu kontestan Pilkada," urainya.

Di samping itu Danrem juga menegaskan kepada seluruh prajurit jajaran Korem 031/Wirabima untuk memonitor perkembangan kegiatan Pilkada di daerah, sebagai upaya deteksi dini guna mencegah timbulnya konflik.

"Adakan selalu koordinasi dengan instansi terkait secara terus - menerus tentang perkembangan yang ada di daerah demi kelancaran pelaksanaan tugas," ucapnya.

Perhelatan demokrasi di Pekanbaru dan Kampar sama-sama akan diikuti oleh lima pasangan calon kepala daerah. Termasuk pasangan calon dari jalur independen. Pemungutan suara akan digelar serentak pada 15 Februari nanti. (ant/sfa)