City Portal of Pekanbaru


Ada yang aneh usai persalinan, ternyata bayi lahir dengan usus di luar

baru-lahir.jpg
(ist)

SEORANG bayi yang baru lahir di Tembilahan , Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), perlu mendapatkan perawatan khusus, Pasalnya, ia lahir dengan keadaan seluruh usus keluar dan berada di luar dinding perut.

Bayi laki-laki itu merupakan buah hati dari pasangan Riduan (27) dan Desi Sahrina (26) yang tinggal di Kelurahan Tembilahan Hulu, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kota Tembilahan, Inhil.

Riduan bercerita, buah hatinya yang diberi nama Muhammad Akbar lahir Selasa (3/12), tepat pada pukul 09.00 WIB.

Ia menjelaskan, istrinya melahirkan melalui bantuan bidan kampung. Setelah proses persalinan, keluarga merasa aneh dengan adanya benda seperti usus yang ikut keluar bersama bayi.

Melihat hal itu, Riduan memutuskan untuk segera membawa bayinya ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan.

Riduan mengakui, ia tidak pernah membawa istrinya untuk memeriksakan kandungan karena keterbatasan biaya. "Memang benar selama mengandung, istri saya tidak pernah periksa. Itu saya akui karena keterbatasan biaya" kata dia saat ditemui RS Puri Husada Tembilahan, Rabu (4/1), seperti dikutip dari antarariau.

Ketua Komisi IV DPRD Inhil Adriyanto yang tampak mengurus langsung persiapan rujukan bayi tersebut di RS Puri Husada Tembilahan, Rabu. Ia mengatakan, si bayi akan dirujuk ke Kota Pekanbaru untuk mendapatkan perawatan intensif.

Sebelumnya ia telah melakukan konsultasi dengan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Inhil Yessy Rahimi terkait pengobatan bayi ini. Keluarga tak mampu diminta untuk membuat kartu BPJS Kesehatan melalui Dinas Sosial.

"Saat ini pembuatan kartu BPJS telah kita upayakan, Alhamdulillah hanya dalam waktu dua jam kartu kepemilikannya sudah ada, Hannya persiapan keberangkatan untuk dirujuk ke Pekanbaru saja lagi, mohon doa untuk kesembuhan pasien," ungkapnya. (sfa)