City Portal of Pekanbaru

Aksi Alli bungkam Chelsea bikin Madrid makin kepincut

sundulan.jpg
(ist)

TOTTENHAM Hotspur memenuhi 'harapan' tim-tim pesaing dengan menghentikan laju Chelsea di White Harte Lane, London, Kamis (5/1/2017) dini hari WIB. Spurs menang meyakinkan, 2-0.

Kemenenangan beruntun Chelsea pun terhenti di angka 13. Yang terpenting lagi, laju Chelsea di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, tertahan. Persaingan menuju juara pun semakin seru.

Pelatih Spurs Mauricio Pochettino sangat bangga dengan apa yang dilakukan para pemainnya. "Saya bangga sekali, mengendalikan pertandingan, menekan dan berbalik menang," kata Pochettino usai pertandingan.

Ia mengungkap rahasia membungkam Chelsea yang digdaya belakangan ini. Kuncinya di pertahanan, dimana kombinasi tiga bek telah bekerja efektif agresivitas The Blues. Terutama mematikan ketajaman Diego Costa, penyerang Chelsea.

Berhasil bikin tumpul Costa, juga Pedro Rodriguez, Spurs kuat di tengah dengan merajalelanya Eric Dier dan Jan Vertonghen. "Itu adalah perubahan besar pada babak kedua dari saya," kata Pochettino.

"Saat Vertonghen dan Toby Alderweireld mematahkan umpan di belakang adalah masalah yang tidak bisa dijawab Chelsea. Alderweireld adalah pemain paling penting dalam pertandingan ini," ungkapnya.

Tapi bintang pertandingan sudah pasti Dele Alli, yang memborong dua gol. Masing-masing satu gol di dua babak, tepatnya di menit 45 dan 54.

Dele Alli menjadi pembeda dengan dua gol sundulannya, yang membuat fans Spurs bernyanyi hingga laga usai.

Dele Alli membuka keunggulan tuan rumah di pengujung babak pertama. Christian Eriksen mengirim umpan silang ke kotak penalti, Alli melompat tinggi di antara Victor Moses dan Cesar Azpilicueta, untuk menyambut bola dengan tandukan.

Penjaga gawang Thibaut Courtois tak dapat berbuat banyak untuk menghentikan laju bola hasil sundulan pemain 20 tahun itu.

Chelsea lebih menguasai permainan di paruh kedua demi mengejar ketinggalan. Tapi alih-alih menyamakan kedudukan, Dele Alli malah memberi pil pahit tambahan kepada tim tamu. Persis seperti gol pertama, ia pun kembali melepaskan sundulan super setelah menerima crossing Eriksen.

Dele Alli pun mendapat sambutan meriah ketika ia ditarik keluar Pochettino untuk figantikan Moussa Sissoko di sisa empat menit pertandingan.

Dengan aksi-aksinya itu, Dele Alli bikin Real Madrid semakin jatuh hati. Klub raksasa Spanyol itu memang paling getol hendak memboyong Alli ke Santiago Bernabeu musim panas nanti. (fft/bbc/ant/sfa)