City Portal of Pekanbaru


Anggaran daerah dipangkas, ribuan tenaga honorer dirumahkan

phk-massal.jpg
(ist)

KRISIS keuangan kini melanda banyak daerah, termasuk di Riau, yang memaksa pemerintah daerah memangkas anggaran di 2017. Karena alasan yang sama, Pemkab Kuansing merumahkan ribuan tenaga honorer.

"Krisis keuangan memaksa Bupati untuk merumahkan 2.926 pegawai honorer," kata Sekretaris Daerah Kuantan Singingi Muharman di Teluk Kuantan, Kamis (5/1).

Ia mengatakan, kebijakan ini diambil murni karena persoalan keuangan daerah, karena APBD tak mampu membiayai seluruh tenaga kerja tersebut.

Kepala SKPD bisa membantu menyampaikan secara lisan kepada honorer bahwa mereka dirumahkan. Dari 2.926 tenaga honorer tersebut , ada guru, tenaga kesehatan, Satpol PP, dan pemadam kebakaran serta tenaga administratif lainnya.

"Selain itu ada juga yang masa kontrak mereka berakhir," kata dia.

Seorang tenaga honorer mengatakan, sebenarnya ribuan honorer masih berharap untuk dipekerjakan karena sudah sekian lama bertugas. Sambil menunggu peluang menjadi pegawai negari.

"Jika bupati mengambil sikap merumahkan sementara hal ini dapat dimaklumi," ujarnya.

Menurutnya, ribuan honorer yang ada di sejumlah SKPD, sekolah tidak bisa berkecil hati karena masalahnya adalah keuangan daerah yang minim. Bukan kebijakan pribadi bupati, melainkan untuk mengatasi gejolak keuangan menyusul krisis yang kini terjadi dimana-mana.

"Kami masih yakin bupati akan memikirkan solusi," kata dia. (ant/sfa)