City Portal of Pekanbaru


Pep puas cara City bungkam West Ham, kontrol laga dengan operan

city-menang.jpg
(goal)

PELATIH Manchester City Pep Guardiola amat puas dengan performa David Silva Cs yang sukses melumat tuan rumah West Ham 5-0 di London Stadium, Sabtu (7/1/2017) dini hari WIB, untuk lolos ke putaran empat Piala FA.

Selain memuji permainan pasukannya, apalagi ini bermain di kandang lawan, Pep menyebut kemenangan itu amat berarti untuk kepercayaan diri para pemainnya di tengah persaingan keras di papan atas Liga Primer Inggris.

Selalu penting menang tandang. Ini tak mudah dan di kandang West Ham menyulitkan, tapi semoga kemenangan ini akan membantu para pemain kami untuk yakin bahwa mereka cukup bagus," ujar Guardiola di situs resmi klub.

"Di sepanjang musim mereka sudah banyak berlari dan akan banyak berduel dan kadang-kadang mereka bermain bagus. Mereka harus yakin mereka cukup bagus untuk bersaing dengan tim mana pun," imbuhnya.

Salah satu hal yang membuat Guardiola sangat gembira adalah kemampuan City untuk mengontrol permainan lewat kualitas operan para pemainnya.

"Hari ini kami lebih mengontrol permainan melalui operan-operan kami. Sebelum penalti (Yaya Toure), kami menciptakan peluang-peluang dan setelah jeda kami bermain sesuai harapan, seperti pada awal musim," kata dia.

Gol Manchester City dicetak oleh Yaya Toure di menit ke-33, Havard Nordtveit (41'-gol bunuh diri), David Silva (43'), Sergio Aguero (50'), dan John Stones (84').

City memang tampil lebih mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 67 persen. Dari segi peluang, The Citizens memiliki 18 sedangkan West Ham hanya tujuh.

Bagi West Ham, ini merupakan kekalahan terburuk di kandang dalam sejarah pergelaran Piala FA.

The Hammers sudah tertinggal 0-3 saat turun minum oleh penalti Yaya Toure, gol bunuh diri Havard Nordtveit, dan gol David Silva.

Pada babak kedua, West Ham tak bisa berbuat banyak. Mereka malah kemasukan dua gol lagi setelah gawang Adrian dijebol Sergio Aguero dan John Stones.

"Penalti menjadi titik balik karena kami terlihat bagus sampai titik tersebut. Itu mungkin penalti yang lunak," ujar Slaven Bilic, pelatih West Ham, seperti dikutip BBC.

"Kami punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan, tapi tak bisa memanfaatkannya. Kami membuat kesalahan-kesalahan setelah gol dan mulai mengejar bola. Dengan cepat skornya jadi 3-0 dan game over," tambahnya.

"Ini adalah hari yang sangat buruk untuk kami," kata dia. (skysports/bbc/dtc/kps)