City Portal of Pekanbaru

Bangganya Rooney kini selevel legenda MU, Bobby Charlton

wayne-rooney.jpg
(ist)

SATU gol yang dicetak Wayne Rooney ke gawang Reading di putaran ketiga Piala FA di Old Trafford, Sabtu (7/1/2017), berarti banyak.

Gol itu tercipta di menit ketujuh, ketika Rooney dengan brilian menyelesaikan umpan Juan Mata dengan menyarangkan bola ke gawang tim tamu. Gol itu membuka pesta gol Manchester United (MU), dengan skor 4-0.

Gol itu juga menorehkan sejarah bagi Rooney. Ia kini selevel Bobby Charlton sebagai pencetak gol terbanyak di Manchester United. "Momen ini sangat membanggakan. Saya merasa terhormat bisa mencapainya di klub sebesar Manchester United," ujar Rooney seusai pertandingan.

"Saya tak pernah membayangkan bisa sejauh ini. Momen ini begitu berharga dalam hidup saya, dan sebuah kehormatan bisa menyamai Sir Bobby Charlton," tutur dia.

Charlton, yang kini telah berusia 79 tahun, memperkuat Setan Merah pada rentang waktu 1956-1973. Selama itu, dia mencetak 249 gol dari 758 pertandingan.

Adapun Rooney mencapai 249 gol hanya dalam 543 pertandingan. Ia membela Manchester United sejak 2004 lalu.

Rooney punya peluang besar untuk mencetak rekor baru. "Selanjutnya, kami punya dua partai di kandang. Mudah-mudahan saya bisa mencetak gol dalam salah satu dari dua laga tersebut," tutur Rooney.

Selanjutnya, Manchester United akan berhadapan dengan Hull City dalam ajang Piala Liga Inggris, di Stadion Old Trafford, 10 Januari 2017.

Lima hari berselang, giliran Liverpool yang akan dijamu Manchester United dalam partai Premier League.

"Semoga Rooney bisa memecahkan rekor saat menghadapi Liverpool," ujar eks gelandang Manchester United, Paul Scholes.

Pelatih MU Jose Mourinho turut bahagian untuk pencapaian Rooney. Ia juga mendukung mencetak gol berikutnya untuk menorehkan rekor baru.

"Sebuah hari istimewa lainnya akan tiba. Penampilan dia tadi hebat tapi saya ingin sebuah gol lagi!" kata Mourinho. "Dia adalah seorang pria yang menakjubkan di tim ini dan kami semua ingin dia melakukannya."

"Memiliki Wayne sebagai topskorer di sebuah klub seperti ini amat luar biasa untuk dia," imbuh Mourinho.

Sebelumnya, pada 2015 lalu, Wayne Rooney juga melewati rekor 49 gol Charlton yang dibuat dalam seragam timnas Inggris. Sampai sekarang, Rooney sudah mencetak 53 gol untuk negaranya. (btsport/kps/dtc/sfa)