City Portal of Pekanbaru


Ribuan Bonek berjoget sambut kembalinya Persebaya ke Divisi Utama

bonek-surabaya.jpg
(ist)

RIBUAN suporter Persebaya Surabaya, yang dikenal dengan sebutan Bonek (bondo nekat), bernyanyi dan berjoget menyambut kembalinya tim kesayangan mereka ke Divisi Utama Liga Indonesia.

Mereka memadati area sekitar GOR Pajajaran Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/1/2017). Para Bonek yang membawa berbagai macam atribut seperti spanduk dan bendera. Menyanyikan yel-yel Persebaya dan berjoget di luar GOR Pajajaran.

Selain itu, mereka juga menyalakan petasan dan cerawat berwarni-warni seperti oranye dan hijau sambil menyanyikaan yel-yel Persebaya.

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus menuturkan, sekitar 2.000 orang Bonek telah tiba dan ditampung di GOR Pajajaran Kota Bandung. "Kami prediksi, sampai Minggu siang ini sudah ada sekitar dua ribu Bonek yang telah tiba di sini," kata Yusri.

Status Persebaya Surabaya dipulihkan menjadi anggota PSSI pada Kongres PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu. Tim kebanggaan arek Surabaya ini bakal dimasukkan pada Divisi Utama atau satu level di bawah Indonesia Super League (ISL), kompetisi sepakbola teratas di Liga Indonesia.

Keputusan Persebaya bisa kembali aktif ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dan disetujui oleh pemilik suara PSSI. Meski ada yang menginginkan klub ini bisa tampil di kasta yang lebih tinggi.

"Persebaya akan di tempatkan di Divisi Utama. Jika ingin naik ke level yang lebih tinggi tunggu degradasi tim peserta kompetisi tertinggi musim depan," kata Edy Rahmayadi yang langsung disambut tepuk tangan, meski kondisi kongres terlihat cukup tegang.

Dengan diakuinya Persebaya menjadi anggota PSSI maka tim kebanggaan Surabaya dipastikan bisa kembali berkiprah. Apalagi tim ini memiliki pendukung fanatik yang dikenal dengan istilah Bonek.

Menurut Ketua Umum PSSI, Persebaya merupakan satu dari lima tim legenda yang keberadaannya harus kembali dimunculkan. Selain tim yang berjuluk Bajol Ijo itu, tim legenda yang harus muncul adalah PSM Makassar, Persib Bandung, Persija Jakarta dan PSMS Medan.

"Harapan kami kelima tim legenda ini bisa berkiprah di kancah persepakbolaan nasional dan ke depan mampu kembali melahirkan pemain-pemain timnas," kata Edy, yang juga menjabat sebagai Pangkostrad itu.

Selain Persebaya, tim yang statusnya dipulihkan adalah Persibo Bojonegoro, Persema Malang, Arema Indonesia, Lampung FC, Persipasi Kota Bekasi dan Persewangi Banyuwangi. Hanya saja keenam tim ini hanya bisa berkompetisi di Liga Nusantara. (ant/sfa)