City Portal of Pekanbaru


Resmi diikuti 48 tim, FIFA tepis Piala Dunia bakal membosankan

trofi-piala-dunia.jpg
(ist)

JANJI kampanye Presiden FIFA Gianni Infantino menambah peserta Piala Dunia menjadi 48 tim akhirnya terwujud. Usulan Gianni itu disetujui rapat dewan federasi sepakbola dunia itu di Zurich, Swiss, Selasa (10/1/2017).

Dengan demikian ada penambahan 16 tim. "Dewan FIFA secara mutlak memutuskan Piala Dunia berisi 48 tim pada 2026: 16 grup berisi tiga tim. Detail-detailnya akan ditindak lanjuti setelah pertemuan," demikian pernyataan FIFA melalui akun Twitter-nya.

Sebelumnya perhelatan sepakbola terakbar dunia itu hanya diikuti 32 tim. Format 32 tim ini mulai diterapkan sejak Piala Dunia 1998 yang digelar di Prancis.

Dewan FIFA menyetujui usulan format 48 tim secara bulat. Hanya saja format 48 tim ini tidak akan langsung berlaku di Piala Dunia 2018. Rencananya format baru itu baru diterapkan pada Piala Dunia 2026.

Nantinya, dengan format 48 tim, akan ada 16 grup di babak penyisihan. Dengan masing-masing grup terdiri dari 3 tim.

Infantino pun sebelumnya telah yakin bahwa rencana ini akan disetujui, sekalipun sempat ada ketidaksetujuan dari klub-klub besar dan asosiasi sepak bola, termasuk Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Usulan ini dikritik sejumlah pihak karena dinggap sebagai usaha pengerukan uang. Dengan jumlah peserta Piala Dunia sebanyak 48 tim, berarti akan ada 80 pertandingan. Jauh lebih banyak dari format saat ini, yang hanya 64.


Gianni Infantino menggantikan Sepp Blater sebagai bos FIFA sejak Februari 2016 lalu. Ia memenangkan persaingan yang ketat untuk menjadi orang nomor satu di FIFA, salah satunya dengan melalui kampanye penambahan jumlah tim peserta Piala Dunia .

Infantino awalnya mengindikasikan bahwa Piala Dunia akan diikuti 40 tim. Namun kemudian menambahi delapan tim secara keseluruhan pada Oktober lalu.

FIFA menepis kekhawatiran bahwa penambahan jumlah peserta akan menurunkan standar secara keseluruhan turnamen. Selain itu, membuat perhelatan Piala Dunia terlalu panjang dan merepotkan. (espn/rtr/tmp/ant)