City Portal of Pekanbaru

Ronaldo dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia, Messi tak hadir

pemain-terbaik.jpg
(ist)

BINTANG Real Madrid, Cristiano Ronaldo, terpilih sebagai pemain terbaik FIFA untuk keempatkalinya. Ia mengungguli dua pesaingnya, Lionel Messi (Barcelona/Argentina) dan Antoine Griezman (Atletico Madrid/Prancis).

Bagi Ronaldo, penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA merupakan buah dari prestasinya di sepanjang tahun lalu. Pesepakbola yang kini berusia 31 tahun itu sukses besar di level klub maupun tim nasional.

Ronaldo berhasil mengantarkan Real Madrid menjuarai Liga Champions musim lalu. Ia kemudian memimpin Timnas Portugal memenangi Piala Eropa 2016.

"Saya ingin berterima kasih kepada tim saya, tim nasional, Real Madrid, pelatih saya, keluarga saya yang datang ke sini, putra saya, saudara-saudara saya. 2016 adalah tahun terbaik dalam karier saya," ujar Ronaldo dalam acara The Best FIFA Football Awards di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017) dini hari WIB.

Bagi Ronaldo, ini adalah kali keempat dia dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia. Sebelumnya ia menjadi pesepakbola terbaik dunia pada 2008, 2013, dan 2014.

"Trofi menunjukkan bahwa orang-orang tidak buta dan menonton pertandingan. Dengan semua yang saya menangi bersama timnas dan klub saya, dengan performa individu yang hebat, saya tak bisa melupakan tahun luar biasa ini. Terima kasih sudah memilih saya," kata Ronaldo.

Sepanjang 2016, Ronaldo mencetak 55 gol dalam 57 penampilan bersama klub dan tim nasional.

Peraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA 2016 ditentukan melalui voting yang melibatkan para kapten dan pelatih tim nasional, jurnalis terpilih, dan polling online yang diikuti oleh fans.

Lionel Messi, yang telah lima kali menyabet pemain terbaik dunia, tidak hadir dalam penobatan Ronaldo sebagai pemain terbaik 2016.

Barcelona beralasan, pertandingan Rabu pekan ini melawan Athletic Bilbao akan menjadi prioritas dibanding acara pemberian penghargaan tersebut. Dan tidak seorang pun pemain mereka yang diundang, termasuk Messi, akan datang ke acara itu.

Sementara itu, Claudio Ranieri memenangi penghargaan pelatih terbaik dunia atas keberhasilan membawa Leicester City menjuarai Liga Primer Inggris 2016. (rtr/ant/dtc/sfa)