City Portal of Pekanbaru

Alhamdulillah, kuota jemaah Indonesia 221 ribu orang

masjidil-haram.jpg
(ist)

SEIRING dengan tuntasnya proyek perluasan Masjidil Haram, Mekkah, kuota haji seluruh dunia akan kembali normal tahun ini. Termasuk Indonesia.

Tahun ini kuota jemaah haji Indonesia kembali ke angka 211 ribu orang. Kemudian ada tambahan kuota 10 ribu orang. Sehingga totalnya, 221 ribu orang.

“Selain pengembalian kuota menjadi sebesar 211 ribu orang, Pemerintah Arab Saudi juga menyetujui permintaan tambahan kuota untuk Indonesia sebesar 10 ribu," kata Presiden Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno, Rabu (11/1/2017).

Jokowi menyebutkan kenaikan kuota haji itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan dirinya ke Arab Saudi pada September 2015 dan pertemuannya dengan Deputi Kerajaan Arab Saudi di Hangzhou, China, pada September 2016.

Dari pertemuan itu, Jokowi mengatakan ia telah meminta kepada Menag dan Menlu untuk melakukan pembicaraan lanjutan dengan Pemerintah Arab Saudi.

"Indonesia menyampaikan penghargaan tinggi kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberi tambahan kuota haji kepada Indonesia," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, penghargaan dan apresiasi juga disampaikan atas upaya Pemerintah Arab Saudi dalam meningkatkan kualitas layanan haji termasuk jamaah haji dari Indonesia.

"Dengan sudah adanya keputusan ini maka persiapan haji 2017 sudah bisa dapat dilakukan sejak dini," kata dia.

Presiden juga mendapat informasi mengenai rencana kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia pada Maret 2017. "Tentunya kita menyambut baik rencana tersebut," ucapnya.

Kuota haji seluruh dunia mengalami pemotongan sebanyak 20 persen sejak 2013 karena adanya proyek perluasan pembangunan fasilitas di Masjidil Haram, Mekkah. Renovasi juga dilakukan di kawasan Arafah-Mina.

Setelah proyek itu tuntas, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz akhirnya pada awal tahun ini menyetujui usulan penambahan kuota jemaah haji seluruh dunia untuk musim haji 1438 Hijriah.

Keputusan raja berusia 81 tahun tersebut diumumkan Kamis, 7 Januari 2017. Dengan keputusan ini, jumlah jemaah haji di puncak musim haji kembali akan mencapai sekitar 2,4 juta orang.

"Alhamdulillah, ini kabar gembira bagi umat Islam dunia," ujar Deputi Konsulat Jenderal Haji India di Jeddah, Muhammad Shahid Alam, seperti dilansir dan Arab News, akhir pekan lalu.

Shahid adalah satu dari sekitar 92 otoritas sekaligus perwakilan pejabat haji negara-negara Islam yang mengikuti rapat tahunan dengan pihak kerajaan dan kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. (ant/pr/sfa)