City Portal of Pekanbaru


Kabar baik, dana sertifikasi segera dicairkan

guru-mengajar.jpg
(ist)

KABAR gembira untuk para guru di Kota Pekanbaru. Pencairan dana sertifikasi untuk periode triwulan IV 2016 akan segera cair.

"Sekarang tinggal proses pengajuan administrasi saja, karena masih masa transisi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru," kata Pelaksana tugas (Plt) Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Alek Kurniawan di Pekanbaru, Selasa (10/1/2017).

Alek Kurniawan menjelaskan pihaknya saat ini sebenarnya sudah memiliki anggaran untuk dana sertifikasi guru. Namun perlu proses untuk pencairan.

Apalagi sebutnya saat ini baru selesai pelantikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru maka perlu ada penyesuaian dan penyusunan personil baru untuk bidang -bidang yang sudah dilantik.

"Siapkan OPD baru dulu, dan beberapa perangkat untuk tertib administrasi," terangnya.

Dikatakannya, dana sertifikasi triwulan IV bisa segera dibayarkan ke para guru setelah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) terbentuk karena mereka yang menandatanginya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, M Noer saat dikonfirmasi meminta para guru jangan khawatir. Pemko Pekanbaru akan segera membayarkan tunjangan itu.

"Itu kan hak. Tetap akan kita cairkan dan bayarkan kepada guru. Ini hanya masalah waktu saja," tegasnya.

Kata dia, pembayaran dana sertifikasi ini butuh proses. Dana yang ditransfer ke Pemko Pekanbaru melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru itu akan dibagikan setelah verifikasi oleh Dinas Pendidikan.

"Pembayaran dana sertifikasi guru tetap menjadi prioritas Pemko Pekanbaru," ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal membenarkan saat ini sedang memproses pencairan dana sertifikasi guru.

Berbicara jumlah guru yang akan menerima sebut Jamal, tidak jauh berbeda dengan triwulan III yang sudah dibayarkan. Hanya saja mungkin akan sedikit berkurang lantaran ada yang pensiun.

"Sekitar 4.000 guru dengan dana Rp52 miliar untuk triwulan IV," katanya mengakhiri. (ant/sfa)