City Portal of Pekanbaru


Total 46 saksi dihadirkan, sidang Ahok diperkirakan baru tuntas Mei

ssidang-ahok.jpg
(ist)

PERSIDANGAN Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), terdakwa kasus dugaan penistaan agama, diperkirakan akan berlangsung lama. Diprediksi bakal tuntas pada bulan Mei nanti.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengatakan, lamanya persidangan karena banyak saksi yang akan dimintai keterangan.

"Saya telah berdiskusi dengan hakim, sidang Ahok kemungkinan selesai pada April atau Mei karena saksinya cukup banyak. Ada 46 saksi. Seminggu empat saksi (yang dihadirkan) saja sudah hampir delapan minggu waktu yang dibutuhkan, belum nanti ada duplik dan pembelaan," kata Iriawan di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (10/1/2017) malam, seperti dikutip dari antaranews.

Dalam sidang kelima, Selasa, beragendakan pemeriksaan saksi-saksi pelapor dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sama seperti sidang keempat pekan lalu.

Iriawan pun menyatakan Polda Metro Jaya tetap memberikan pengamanan sidang Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu secara maksimal.

"Insya Allah setiap Selasa kami amankan sidang Ahok dengan maksimal dibantu juga dari TNI," tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa kemungkinan sidang Ahok akan tetap digelar di auditorium Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

"Sementara sidang tetap diputuskan di sini," ucap Iriawan.

Dalam sidang kemarin, sekitar 2.000 personel kepolisian dikerahkan menjaga sidang Ahok. Selain di dalam ruang sidang, polisi ditempatkan di pelataran Gedung Kementan, di luar Gedung Kementan, dan di sekitar Gedung Kementan. (sfa)