City Portal of Pekanbaru


Demo tuntut pencairan dana sertifikasi, ribuan guru diminta sabar

para-guru.jpg
(ist)

KESAL dana sertifikasi tidak cair-cair, ribuan guru di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, menggelar aksi damai di depan perkantoran Bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Kami menuntut hak, selama ini (pencairan dana sertifikasi) tidak ada kejelasan," kata salah seorang guru di halaman perkantoran Bupati Kuansing, Teluk Kuantan, Rabu (11/1/2017).

Dia mengungkapkan, ribuan guru berharap dana sertifikasi dicairkan tepat waktu sebelum Desember 2016. Namun setelah beberapa bulan hingga Januari 2017, hak tenaga pendidik tak kunjung jelas diberikan,

Mereka akhirnya memutuskan untuk turun ke jalan menggelar aksi damai.

Wakil Bupati Kuansing Halim yang datang menemui pendemo, mengatakan, belum diketahui secara jelas penyebab belum dibayarkannya dana sertifikasi guru. Halim beralasan, ia dan Bupati Sukarmis baru menjalankan tugas enam bulan.

Sementara Sekretaris Daerah Kuansing Muharman mengemukkana, pemerintah daerah akan membayar dana sertifikasi pada tahun 2017 ini. Kata dia, dana itu telah ditransfer oleh pemerintah pusat.

“Kami minta para guru bersabar,” kata dia di depan ribuan guru yang berdemo.

Para pendemo kemudian meninggalkan kantor bupati. " Kami para guru meminta janji itu ditepati," kata perwakilan guru.

Massa guru tidak langsung pulang. Mereka kemudian mendatangi Kantor DPRD Kuansing. Namun jawaban yang mereka dapat tetap sama. Yakni para guru diminta bersabar. (ant/sfa)