City Portal of Pekanbaru


Putra SBY diuji, Agus paling ditunggu dalam debat Cagub DKI malam ini

agus-yudhoyono.jpg
(ist)

JAKARTA - Malam ini perhatian publik, terutama warga ibu kota negara, bakal tersedot debat calon gubernur DKI Jakarta akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Diperkirakan banyak menarik bakal tersaji dalam debat perdana tersebut.

Ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno diwajibkan hadir dalam debat kandidat ini.

Yang paling ditunggu tentu saja penampilan Agus Yudhoyono, yang disebut-sebut sebagai 'kuda hitam' pemilihan gubernur di ibu kota negara tersebut. Pasalnya, putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tak pernah ikut debat cagub yang ditayangkan di stasiun televisi.

Menurut pengamat politik Ray Rangkuti, debat cagub DKI hari ini adalah ujian bagi Agus Yudhoyono.

"Agus muncul sebagai alternatif dari yang dirasakan (debat sebelumnya), ini ujian bagi Agus sesungguhnya, kalau debat ini bergerak ke Agus berarti dia memiliki performa," papar Ray dalam diskusi Perspektif Jakarta oleh Populi Center di Kantor KPU DKI, Salemba Raya, Jakarta Pusat, kemarin.

Ray mengungkapkan, dalam hasil survei yang dilakukan Populi Center pada pertengahan Desember 2016 lalu, pemilih yang masih ragu-ragu sebanyak 30 persen. Sementara 66 persen adalah loyalis. Sedangkan 4 persen sisanya memilih golput.

"Karenanya debat besok bagaimana merebut 30 persen itu, tapi gimana nanti Agus? Ya kita belum tahu, justru perhatian yang ditunggu adalah dia," tukas Ray.

Debat calon gubernur hari ini mengangkat tema sosial ekonomi, pendidikan, keamanan, lingkungan dan transportasi. Moderator debat adalah Ira Koesno, bersama empat orang tim panelis yang masih dirahasiakan KPU DKI.

Debat ini akan dilaksanakan Jumat (13/1/2017) malam pukul 20.00 - 22.00 WIB dan disiarkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi nasional.

Enam segmen

Pada debat cagub DKI Jakarta malam nanti, KPU menyiapkan enam segmen. “Kami siapkan enam segmen,” kata Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno.

Pertama, pemaparan visi misi, dimana ketiga kandidat cagub-cawagub akan memaparkan visi, misi serta programnya jika terpilih pada saat pemilu nanti. Kedua, pendalaman visi misi. Dalam segmen ini, setiap pasang akan diberikan pertanyaan oleh moderator terkait visi misi yang dipaparkan di segmen sebelumnya. Di beberapa pemilihan, segmen ini sedikit banyak menentukan kelayakan dan kepatutan pasangan di mata pemilih

Ketiga, permasalahan Jakarta. Pada segmen ini, masih belum ada debat antar pasangan, pertanyaan masih berasal dari moderator yang terfokus pada permasalahan di Jakarta. Temanya bisa menyangkut sosial-ekonomi, pendidikan-kesehatan hingga lingkungan-transportasi.

Segmen keempat, saling lempar pertanyaan. Bakal seru karena setiap pasang calon diperbolehkan memberikan pertanyaan pada pasangan lain. Hanya saja belum terjadi debat, prosesnya hanya memberi pertanyaan lalu dijawab oleh yang bersangkutan.

Kelima, debat antar calon. Di sini, debat sebenarnya akan terjadi karena setiap pasangan calon bisa saling mendebat pernyataan dari pasangan lain. Rambu-rambunya, para pasangan pun dilarang melontarkan kalimat sensitif yang menyinggung SARA.

Segmen terakhir pernyataan penutup. Materi debat sendiri sedang disusun oleh KPU Jakarta bersama dengan tim panelis, yang terdiri dari sejumlah pakar yang sudah dipilih. (lp6/uzo/sfa)