City Portal of Pekanbaru

Warga Rohul kok tak rasakan gempa 5,3 SR sore tadi? Ini jawabannya

seismograf.jpg
(istimewa)

PEKANBARU - Gempa berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) terjadi di wilayah Rokan Hulu (Rohul) pada Jumat (13/1/2017) sore. Hanya saja, masyarakat sekitar tak merasakan getarannya.

Gempa itu terdeteksi oleh Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru sekitar pukul 16.23 WIB.

"Gempa terjadi pada kedalaman 228 kilometer, sehingga tidak menimbulkan getaran," kata Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin.

Sugarin menjelaskan gempa tersebut terjadi akibat subduksi pergeseran lempeng Indo Australia dan Eurasia pada koordinat 0.76 Lintang Utara,100.43 Bujur Timur atau sekitar 31 kilometer dari ibu kota Kabupaten Rokan Hulu, Pasir Pangaraian.

Dia memperkirakan gempa susulan masih sangat mungkin terjadi. Namun, potensi gempa tidak akan sebesar yang sebelumnya.

"Prediksi kita gempa susulan masih akan terjadi dengan skala lebih kecil," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Aceng Herdiana mengatakan gempa tersebut sama sekali tidak dirasakan warga.

Pusat gempa, kata Aceng terjadi di Desa Lubuk Bilang, Kecamatan Rambah Samo atau areal perkebunan sawit PT Sawit Asahan Indah. Diduga karena pusat gempa sangat dalam, sekitar 228 kilometer, sehingga getarannya tak dirasakan masyarakat di wilayah itu.

"Kita telah periksa ke lokasi, dipastikan tidak ada getaran sama sekali. Bahkan, masyarakat di sana tidak tahu ada gempa," jelasnya.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur mengatakan bahwa gempa tersebut merupakan yang pertama kalinya terjadi di wilayah itu dalam beberapa tahun terakhir. Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada akan potensi gempa yang terjadi di kemudian hari. (ant/sfa)