City Portal of Pekanbaru


Bungkam kritikan, Agus Yudhoyono percaya diri dan paling enerjik

debat-cagub-dki.jpg
(ist)

JAKARTA - Agus Harimurti Yudhoyono membungkam suara-suara miring terhadap dirinya dengan tampil percaya diri dan bersemangat dalam debat publik pertama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/1/2017) malam.

Putra mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu bahkan bisa disebut sebagai kandidat paling enerjik dalam debat tersebut.

"Alhamdulillah lancar sukses banget dan saya tampil dengan penuh kepercayaan diri dan kami (Agus-Sylviana Murni) tentu menguasai hal yang ditanyakan oleh panelis maupun pasangan calon lain," kata Agus usai mengikuti debat.

Menurut dia, yang paling penting melalui debat ini adalah meyakinkan masyarakat agar semakin memahami gagasan dan komitmen para pemimpinnya.

"Walaupun saya berkali-kali mengatakan debat adalah bagian kecil dari keseluruhan proses kampanye untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat Jakarta," kata putra sulung SBY itu.

Agus sebelumnya ramai dikritik, bahkan di-bully di dunia maya, karena selalu menolak ikut dalam dua debat tak resmi di stasiun televisi.

Karena itu, melalui debat yang digelar KPU DKI Jakarta tadi malam, Agus pun menyatakan bahwa dirinya mematahkan anggapan orang yang bilang bahwa dirinya tidak siap untuk debat. "Silakan dibuktikan tadi dilihat lagi dokumentasinya,” kata dia.

“Pada saatnya memang ada jadwal debat dari KPU (DKI Jakarta), pastinya kami akan hadir dan datang dengan baik," kata dia lagi.

Debat publik di Hotel Bidakara diikuti tiga pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta, yaitu pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, pasangan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan pasangan nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Debat pertama ini mengambil tema "Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta".

Ani Yudhoyono, ibunda Agus, terlihat sumringah usai debat. Ia puas dengan performa dari putra sulungnya itu. "Tentu saya sebagai ibunya merasa bersyukur dan bangga atas penampilan Agus pada malam hari ini," ujar Ani.

Ani menganggap, performa anaknya itu dapat membungkam nada-nada sumbang yang menganggap suami Annisa Pohan itu tidak berani berdebat. "Selama ini orang mengatakan bahwa Agus anak ingusan. Yang kedua dia tidak berani debat, tapi hari ini, malam ini, dia membuktikan dia berani melakukan perdebatan dengan paslon (pasangan calon) lainnya," ucap dia. 

Meski begitu, ia menilai masih perlu ada yang disempurnakan Agus untuk menghadapi dua debat berikutnya. “Saya puas untuk malam ini, tapi untuk ke depan bisa sempurnakan kembali," ucapnya.

Ani enggan membeberkan apa yang masih dirasa kurang dari performa Agus saat debat tadi. Namun, ia memastikan, suaminya, Susilo Bambang Yudhoyono akan kembali memoles Agus agar bisa lebih baik ke depannya.

"Jangan lupa, Pak SBY dua kali jadi presiden, mempunyai pengalaman dan pengalaman itu diturunkan kepada putranya," kata dia.

Lalu dimana SBY saat debat berlangsung?

“Pak SBY saat ini sedang berdoa di rumah untuk Agus,” kata Ani.

Debat publik calon kepala daerah DKI Jakarta berikutnya akan dilaksanakan 27 Januari dan 10 Februari 2017. (kps/ant/sfa)