City Portal of Pekanbaru

3 hari berasap, kebakaran lahan gambut Rimbo Panjang akhirnya padam

padamkan-kebakaran.jpg
(ist)

PEKANBARU - Lahan gambut di Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, kembali terbakar. Setelah tiga hari mengepulkan asap, api akhirnya bisa diatasi oleh petugas.

"Sudah tiga hari kami berjibaku memadamkan api bersama TNI dan Polri. Alhamdulillah hari ini berhasil diatasi," kata Koordinator Masyarakat Peduli Api (MPA) Kampar, Heri, Minggu (15/1/2017).

Meski sudah berhasil dikuasai, ia mengatakan upaya pendinginan masih terus dilakukan. Tujuannya agar api yang berhasil diatasi tidak kembali menyala, terutama lahan yang terbakar berkontur tanah gambut.

"Pendinginan masih terus dilakukan meski sudah 100 persen padam," ujarnya.

Dalam tiga hari terakhir, lahan gambut di Kilometer 18 Rimbo Panjang yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru terbakar. Hingga hari ini, total luas kebakaran diperkirakan mencapai dua hektare.

"Indikasinya pasti dibakar. Tidak mungkin terbakar begitu saja. Hanya saja pemilik lahan tidak tahu bagaimana bisa terbakar, dan mereka bersama kita ikut membantu selama pemadaman," tuturnya., seperti dikutip dari antarariau

Selama pemadaman berlangsung, dia mengatakan tidak ada kendala berarti karena sejumlah titik telah dibuat embung serta sekat kanal dan sumur-sumur bor oleh pemerintah.

Saat ini, demikian Heri, lahan yang terbakar telah dipasangi garis polisi oleh Polsek setempat.

Dalam sepekan terakhir, kebakaran terjadi di sejumlah daerah di Riau. Berdasarkan pengamatan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika stasiun Pekanbaru, titik-titik panas mengindikasikan adanya kebakaran terpantau di Rokan Hilir, Bengkalis, Dumai, Kampar, Pelalawan, Meranti dan Kuantan Singingi.

Pemerintah Provinsi Riau telah mengambil kebijakan untuk segera melakukan patroli terpadu guna mencegah adanya kebakaran. Upaya itu didukung langsung TNI, Polri, dan instansi terkait. (sfa)