City Portal of Pekanbaru

Akhiri kutukan, Ibrahimovic buyarkan kemenangan Liverpool

zlatan.jpg
(ist)

MANCHESTER - Striker kawakan Zlatan Ibrahimovic tampil sebagai penyelamat Manchester United lewat tandukannya di menit-menit akhir permainan dalam duel bigmatch Premier League di Old Trafford, Senin (16/1/2017) dini hari WIB.

Gol itu sekaligus membuyarkan kemenangan Liverpool yang sudah di depan mata. Kedua tim harus puas dengan skor 1-1.

Bagi Zlatan Ibrahimovic, gol tandukan tersebut sekaligus menghentikan tren negatifnya melawan Liverpool. Pasalnya, penyerang jangkung asal Swedia itu selalu gagal mencetak gol dalam lima pertemuan sebelumnya.

Dengan hasil 1-1 ini, Liverpool tertahan di peringkat ketiga dengan koleksi 45 poin, kalah selisih gol dari Tottenham Hotspur. Masih terbentang jarak tujuh poin antara Liverpool dan Chelsea di puncak tabel.

Di sisi lain, Manchester United tetap bertengger di peringkat keenam dengan koleksi 40 poin. Wayne Rooney masih terpaut dua poin dari Manchester City selaku penghuni terakhir zona Eropa.

Hasil imbang sekaligus menyebabkan kemenangan beruntun Manchester United di liga terhenti di angka enam.

Tim asuhan Jose Mourinho itu juga gagal menyamai rekor tujuh kemenangan berentet pada 2008-2009, ketika Sir Alex Ferguson masih menukangi klub berjuluk Setan Merah itu.

Duel seru

Dalam pertandingan yang berlangsung dalam tempo cepat tersebut, tidak terlihat kesenjangan besar di antara kedua tim dalam jumlah peluang. Mancehster United melepaskan tiga tembakan tepat sasaran, berbanding empat milik Liverpool.

Satu dari empat peluang emas Liverpool tercipta akibat kesalahan Paul Pogba pada menit ke-27. Bola tembakan Dejan Lovren mengenai tangan gelandang asal Perancis itu sehingga wasit menunjuk titik putih.

Maju sebagai eksekutor, James Milner mengarahkan bola ke pojok kiri gawang di luar jangkauan David De Gea.

Gol tersebut sekaligus melanjutkan kesempurnaan Milner dari titik putih. Dia selalu mengonversi sepuluh penalti yang didapatkan di Premier League musim ini menjadi gol.

Tertinggal satu gol membuat MU coba mendongkrak intensitas serangan, tetapi tidak mudah menembus pertahanan karena sikap agresif semua pemain Liverpool.

Tim tuan rumah membutuhkan situasi bola mati untuk mengancam. Namun, pada menit ke-31, bola tendangan bebas Zlatan Ibrahimovic masih bisa diamankan oleh kiper Simon Mignolet.

Mignolet kembali tampil sigap saat melakoni duel satu lawan satu kontra Henrik Mkhitaryan pada menit ke-41. Bola tembakan sang lawan mampu diamankan kiper asal Belgia itu.

Mkhitaryan lagi-lagi menuai kegagalan sembilan menit setelah kick-off babak kedua. Dia menerima bola pantulan Ibrahimovic, lalu melepaskan tembakan yang masih membentur pemain belakang lawan.

Baru pada menit ke-84, Man United menuai hasil berkat tandukan Ibrahimovic. Striker asal Swedia itu memanfaatkan umpan Antonio Valencia dari sisi kanan.

Skor imbang mendorong kedua tim untuk saling serang pada sisa waktu. Namun, tak satu pun usaha membuahkan hasil.

Di pertandingan lainnya, Manchester City kalah telak 0-4 saat melawat ke markas Everton. (kps/sfa)


SUSUNAN PEMAIN:

Manchester United: 1-David De Gea; 25-Antonio Valencia, 4-Phil Jones, 5-Marcos Rojo, 36-Matteo Darmian (27-Marouane Fellaini 76'); 21-Ander Herrera, 16-Michael Carrick (10-Wayne Rooney 46'), 6-Paul Pogba; 22-Henrik Mkhitaryan, 9-Zlatan Ibrahimovic, 11-Anthony Martial (8-Juan Mata 65')
Manajer: Jose Mourinho

Liverpool: 22-Simon Mignolet; 66-Trent Alexander-Arnold, 6-Dejan Lovren, 17-Ragnar Klavan, 7-James Milner; 23-Emere Can, 14-Jordan Henderson, 5-Georginio Wijnalduml 11-Roberto Firmino, 27-Divock Origi (10-Philippe Coutinho 61'), 20-Adam Lallana
Manajer: Juergen Klopp

Wasit: Michael Oliver