City Portal of Pekanbaru

Warga ramai-ramai tangkap dua pria pembakar lahan

ada-lahan-terbakar.jpg
(ist)

PEKANBARU - Dua titik panas (hotspot), yang mengindikasikan adanya kebakaran lahan, terdeteksi satelit di wilayah Riau pada Senin (16/1/2017) pagi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, berdasarkan pencitraan satelit Aqua pukul 06.00 WIB hari ini, titik panas terdeteksi di Kabupaten Siak dan Pelalawan.

Kepala BMKG Pekanbaru Sugarin menjelaskan, satu titik panas dengan tingkat kepercayaan 58 persen sebagai indikasi adanya kebakaran di Pelalawan terdeteksi di Kecamatan Kuala Kampar.

Selanjutnya titik panas dengan tingkat kepercayaan 66 persen di Siak terdeteksi di Kecamatan Siak.

Meski begitu, ia mengatakan secara umum cuaca di Riau cerah-berawan dengan potensi hujan ringan diprediksi terjadi merata di wilayah bagian utara, tengah, dan pesisir timur pada sore dan malam ini.

BMKG mulai mendeteksi munculnya titik-titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Riau dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data BMKG, titik panas menyebar di Kabupaten Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

Sementara itu, Kepolisian Resor Kota Pekanbaru mengamankan dua orang yang diduga membakar lahan di Jalan Beringin, Kelurahan Sungai Sibam, Kecamatan Payung Sekaki, Minggu (15/1/2017).

Peristiwa berawal saat sejumlah warga Kecamatan Payung Sekaki melihat kepulan asap membumbung ke udara. Selanjutnya, perangkat kelurahan langsung mengumpulkan warga melalui pengeras suara masjid setempat.

Warga secara bergotong royong langsung berusaha memadamkan kebakaran bersama-sama. Saat upaya pemadaman berlangsung, warga melihat dua pria sedang membersihkan lahan di sisi lain areal terbakar.

Warga langsung mengamankannya dan menyerahkan keduanya ke polisi. Saat ini
polisi masih terus mendalami keterangan pelaku dan melacak pemilik lahan tersebut.

"Keduanya masih diperiksa intensif atas dugaan membakar hingga menyebabkan satu hektare lahan hangus terbakar, " kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Senin.

Guntur mengungkapkan, kedua pria berinisial Zu (43) dan RF (32), warga Kampung Melayu, Sukajadi, Pekanbaru. (ant/sfa)