City Portal of Pekanbaru


Memprihatinkan, mayoritas pencari kerja berpendidikan SD dan SMP

kerja-tenaga.jpg
(ist)

PEKANBARU - Para pencari kerja di Indonesia masih didominasi oleh mereka yang berpendidikan SD dan SMPA. Fakta yang memprihatinkan di tengah iklim persaingan semakin ketat.

Hal itu diungkapkan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam upacara pembukaan bulan K3 Nasional tahun 2017. Kata dia, jumlah penduduk Indonesia yang bekerja sebanyak 118,41 juta orang. Sekitar 60,24 persen di antaranya berada ditingkat pendidikan SD dan SMP.

"Inilah yang menjadi tanggung jawab kita semua. Bagaimana Meningkatkan kualifikasi para pencari kerja tersebut," ujar Gubernur Riau ketika membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri saat Upacara Pembukaan Bulan K3 Nasional di Lapangan Kantor Gubernur Riau, Selasa (17/1/2017).

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa angka tersebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam survei angkatan kerja nasional bulan Agustus 2016.

Pemerintah terus berusaha meningkatkan program pembangunan dengan memperluas kesempatan kerja yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Upacara pembukaan bulan K3 Nasional tahun 2017 ini mengangkat tema “Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat yang Selamat, Sehat dan Produktif”.

Upacara pada hari ini sekaligus merupakan pernyataan dimulainya bulan keselamatan dan kesehatan kerja nasional tahun 2017 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Andi menambahkan bahwa peringatan K3 telah disepakati dimulai sejak 12 Januari, dan tahun 2017 merupakan tahun ke-3 bagi bangsa Indonesia yang secara terus menerus berusaha mewujudkan kemandirian masyarakat Indonesia berbudaya K3 tahun 2020.

"Program pembangunan tersebut tentunya harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten dan setiap pelaksanaan pembangunan harus menjamin keselamatan dan kesehatan kerja," Imbuhnya.

Dalam era globalisasi khususnya dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kesiapan sumber daya manusia sangatlah penting. Hal itu termasuk peningkatan dalam aspek, keselamatan dan kesehatan kerja.

Gubernur Andi Rachman saat membacakan kata sambutan juga menyebutkan bahwa tingkat kompetensi tenaga kerja Indonesia secara rata-rata masih sangat perlu digenjot dan ditingkatkan.

Acara ini ditutup dengan penyerahan Piagam Penghargaan Kepatuhan terhadap standar pelayanan publik kepada dua OPD di lingkungan pemerintah provinsi Riau yang mendapatkan zona hijau yaitu Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi. (ant/sfa)