City Portal of Pekanbaru

Madrid tumbang lagi, Zidane bertanggung jawab karena remehkan Celta

zidane.jpg
(ist)

MADRID - Zinedine Zidane mengatakan bertanggung jawab atas kekalahan Real Madrid saat menjamu Celta Vigo di leg I perempat final Copa del Rey (Piala Raja Spanyol) di Santiago Bernabeu, Kamis (19/1/2017) dini hari WIB. El Real takluk 1-2.

Zidane mungkin tak menyangka Celta Vigo begitu tangguh. Karena itu ia tak menurunkan tim terbaiknya di awal pertandingan.

Tapi semua sudah terjadi. Madrid menelan pil pahit, dan untuk keduakalinya secara beruntun menderita kekalahan setelah sebelumnya menorehkan rekor 40 pertandingan tak terkalahkan di semua ajang.

"Saya adalah yang paling bertanggung jawab atas hasil ini dan saya harus segera menemukan solusinya," ujar Zidane usai pertandingan, seperti dilansir Marca.

"Saya sendiri tak terkejut dengan permainan Celta, sebagaimana mereka adalah lawan yang bisa menyakiti siapapun. Namun saya tak khawatir dengan situasi kami."

Zidane merasa yakin Real Madrid bisa bangkit di pertandingan leg II di kandang Celta Vigo, Rabu pekan depan. "Kami tahu kami bisa membalikkan keadaan dan kami harus melakukannya. Kami masih bisa menendang Celta dari Copa pada leg kedua, tapi kami harus fokus dahulu ke partai di La Liga Spanyol akhir pekan ini," ucapnya.

Berdasarkan statistik Livescore, Real Madrid mendominasi jalannya pertandingan di Santiago Bernabeu. Selain penguasaan bola mencapai 59 persen, raksasa Liga Spanyol ini pun menorehkan 8 tembakan tepat sasaran berbanding 5 milik tim tamu.

Iago Aspas membuka keunggulan Celta Vigo pada menit ke-64 ketika mengoyak jala gawang Francisco Casilla. Tetapi hanya berselang lima menit, Real Madrid bisa menyamakan skor berkat gol bek kiri asal Brasil, Marcelo.

Sayang, kegembiraan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya berlangsung sesaat. Sebab, satu menit berselang gawang Casilla kembali bobol oleh aksi bek kiri tim tamu, Johny. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Pada awal duel ini, Zidane tidak menurunkan kekuatan terbaiknya. Dia menempatkan Lucas Vazquez dan Marco Asensio sebagai pendamping Ronaldo untuk membentuk trisula penggedor pertahanan lawan.

Setelah tertinggal, pelatih asal Prancis ini menurunkan Alvaro Morata dan Karim Benzema untuk menemani Ronaldo. Sayang, usaha tersebut tak membuahkan hasil manis, yang membuat Real Madrid harus menelan kekalahan kedua secara beruntun hanya dalam waktu tiga hari, setelah ditaklukkan Sevilla dengan skor serupa pada ajang La Liga.

Hasil ini tentu saja sangat menyesakkan mengingat tim berjulukan Los Blancos tersebut tengah membidik semua gelar domestik pada musim 2016-2017 ini. (fft/marca/kps/sfa)