City Portal of Pekanbaru


Penalti Neymar akhiri kutukan 10 tahun Barca di Anoeta

gol-neymar.jpg
(ist)

GOL tunggal penyerang asal Brasil, Neymar, mengantar Barcelona menang tipis 1-0, sekaligus mengakhiri 'kutukan' tak pernah menang dalam 10 tahun terakhir di Stadion Anoeta, kandang Real Sociedad, pada laga pertama perempatfinal Copa del Rey, Jumat (20/1/2017) dini hari WIB.

Sebelumnya, dalam tujuh pertandingan di stadion tersebut Barcelona tak pernah berhasil menang. Terakhir kali klub Catalan itu bisa membawa pulang poin penuh dari sana adalah pada Mei 2007.

Kali ini Barcelona meraih kemenangan itu dengan sedikit keberuntungan. Gol tim tamu dicetak oleh Neymar dari titik penalti pada menit ke-21. Penalti itu didapat setelah Neymar dilanggar Aritz Euslondo di kotak terlarang.

Barcelona sendiri tampil dengan kekuatan penuh di laga ini, termasuk menurunkan Lionel Messi dan Luis Suarez. Messi beberapa kali mendapat peluang dan nyaris mencetak gol dari tendangan bebas.

Bagi Barcelona kemenangan ini memudahkan tugas Messi Cs saat menjamu Sociedad di leg II, Kamis depan, dalam upaya mereka mempertahankan gelar juara Copa del Rey (Piala Raja Spanyol).

Sementara pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Atletico Madrid menapakkan satu kakinya di semifinal, setelah menang 3-0 atas Eibar melalui gol-gol Antoine Griezmann, Angel Correa, dan Kevin Gameiro.

Griezmann menanduk bola yang membawa Atletico memimpin pada menit 28, setelah gol Stefan Savic dianulir karena offside. Kemudian pemain sayap Argentina Correa menggandakan keunggulan pada menit 60.

Masuk sebagai pemain pengganti, Gameiro memperbesar keunggulan Atletico melalui sundulan dari jarak dua meter pada menit 67.

Dengan kekalahan telak itu, Eibar dipastikan akan sangat kesulitan membalikkan situasi pada leg kedua di Stadion Ipurua Kamis pekan depan.

Sehari sebelumnya, di ajang sama, Real Madrid kalah 1-2 dari tamunya Celta Vigo, sedangkan Alaves menang 2-0 dari tim divisi kedua Alcorcon. (rtr/ant/sfa)