City Portal of Pekanbaru

Raskin dengan e-voucher akan diujicoba di Pekanbaru

raskin.jpg
(ist)

PEKANBARU - Badan Urusan Logistik (Bulog) Riau - Kepri tengah menyiapkan penyaluran beras untuk warga miskin (Raskin) dengan memanfaatkan kartu elektronik e-voucher.

"E-voucher ini merupakan program pemerintah melalui Kemensos yang bekerjasama dengan Bulog dan perbankan, di tahun 2017 ini e-voucher akan diujicoba di Pekanbaru dan Batam," kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Riau - Kepri Tommy Despalingga di Pekanbaru, Jumat (20/1/2017).

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa e-voucher merupakan bantuan pangan non tunai yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

Ia juga menjelaskan nantinya setiap warga miskin yang telah terdaftar akan mendapatkan satu kartu e-voucher yang berisi uang senilai Rp110 ribu. Nantinya warga tersebut bisa memanfaatkan uang itu untuk membeli beragam keperluan dan bukan hanya beras saja.

"Jadi, nanti didalam kartu itu ada uang senilai Rp110 ribu per KK, bisa digunakan untuk membeli 10 kilogram beras dan 2 kilogram gula pasir," ujarnya.

Tommy juga menjelaskan bahwa uang di dalam e-voucher tersebut hanya bisa digunakan di warung khusus yang telah ditunjuk. Hal ini sengaja dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan saldo yang terdapat didalam kartu tadi. Untuk itu, selain berkoordinasi dengan pemerintah kota dan pemerintah provinsi, Bulog juga koordinasi dengan perbankan sebagai pihak yang diberi tanggung jawab untuk pendistribusian uang warga.

"Kami harapkan bisa mulai pendistribusian secepatnya, dan untuk itu, kami terus koordinasi dengan pihak lain, seperti bank," ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa disini Bulog memiliki peran sebagai penyedia beras dan gula bagi program e-voucher untuk wilayah Riau dan Kepulauan Riau. (ant/sfa)