City Portal of Pekanbaru

Kuota haji normal lagi, Riau ingin embarkasi antara di 2017

masjidil-haram.jpg
(ist)

PEKANBARU - Seiring dengan tuntasnya proyek pembangunan perluasan Masjidil Haram, Mekkah, kuota jemaah haji Indonesia kembali normal 211 ribu orang. Kemudian ada tambahan kuota 10 ribu orang pada 2017 ini.

Begitu juga dengan kuota jemaah haji Provinsi Riau pada tahun 2017 ini kembali ke angka 5.621 orang.

"Kuota haji Provinsi Riau tahun 2017 kembali kepada jumlah semula yaitu sebanyak 5.621 jamaah," ujar Asisten I Setdaprov Riau Ahmadsyah Harrofie di Pekanbaru, Jumat (20/1/2017). Sebelumnya terjadi pengurangan, dengan kuota 4.033 orang jemaah.

Berkenaan dengan itu, Ahmadsyah mengatakan baik kemenag Riau ataupun Pemerintah Provinsi Riau terus melakukan upaya supaya embarkasi antara di Pekanbaru, ibu kota provinsi, terwujud tahun 2017 ini.

"Saat ini 12 kabupaten dan kota sudah sepakat untuk menggunakan embarkasi antara, jamaah dari daerah masuk ke asrama dan menginap satu malam, lalu pagi diterbangkan ke Batam kemudian dari Batam diterbangkan ke Madinah," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa untuk biaya transportasi dan konsumsi jemaah dari kabupaten dan kota ke ibu kota provinsi ditanggung oleh anggaran pemerintah daerah masing-masing.

Untuk sarana prasarana di embarkasi antara adalah setiap bangunan twin blok terdiri dari lima lantai yang setiap lantainya ada 20 hunian. Sehingga tiap twin blok memiliki 100 hunian.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir jemaah haji asal Riau menginap dulu di asrama haji Batam, Kepri, sebelum diterbangkan ke Tanah Suri. (ant/sfa)