City Portal of Pekanbaru


Masih terus dilipat, KPU temukan 121 surat suara rusak

pelipatan-surat-suara.jpg
(ist)

PEKANBARU - Sampai hari keempat proses pelipatan surat suara Pilkada Kota Pekanbaru, ditemukan 121 lembar yang rusak seperti ternoda tinta dan terpotong.

"Seajuh ini total surat suara yang dilipat ada 355.600 lembar dengan jumlah yang rusak 121 lembar," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru Amiruddin Sijaya di Pekanbaru, Jumat (20/1/2017).

Amiruddin menjelaskan jenis kerusakan surat suara bervariasi ada yang terpotong gambar bakal calonnya, ada yang tidak memiliki judul di atas gambarnya, ternoda tinta, hingga robek pada salah satu bagian gambar balon.

"Jadi bukan tercoblos, tetapi robek atau berlubang pada salah satu gambar balon," terang Amiruddin Sijaya lagi.

Surat suara yang dilipat keseluruhan mencapai 587.192. Surat suara yang rusak akan dilaporkan ke pihak percetakan untuk kemudian diganti. Begitu pula jika terjadi kekurangan. KPU akan membuatkan berita acara jumlah kekurangan sehingga percetakan bisa mengirim sesuai kebutuhan.

"Kurang, berlebih atau rusak semuanya akan segera kita tindak lanjuti. Untuk surat suara rusak, kita akan bakar, begitu juga surat suara yang berlebih. Ini disaksikan langsung oleh Panwas dan polisi. Termasuk jika nantinya ada kekurangan surat suara. Kita akan memberitahui dulu kepada Panwas dan polisi agar tidak terjadi kesalahpahaman," paparnya.

Proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Pekanbaru, yang akan digelar 15 Februari nanti, melibatkan 65 orang petugas dimana 32 di antaranya merupakan pegawai KPU serta 33 tenaga lainnya dari masyarakat umum. Mereka diawasi enam orang petugas Panwaslu.

Perlu diketahui penetapan jumlah pencetakan surat suara ditentukan berdasarkan rumus dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) mencapai 572.029, ditambah 2,5 persen per TPS, serta ditambah 2.000 lembar cadangan untuk pemungutan suara ulang sehingga didapat total 587.192 lembar surat suara. (ant/sfa)