City Portal of Pekanbaru


Selamatkan MU, Rooney kini pegang rekor gol Setan Merah

rooney-wayne.jpg
(ist)

STOKE - Mendominasi permainan, Manchester United harus bersusah payah menghindarkan diri dari kekalahan saat melawat ke Stadion bet365, kandang Stoke City, Sabtu (21/1/2017) malam WIB. Beruntung sang kapten, Wayne Rooney mencetak gol penyama di injury time, 1-1.

Gol itu pun membuat lega Juan Mata yang membobol gawang sendiri di babak pertama, tepatnya menit 20.

Selain menyelamatkan Manchester United (MU) dari kekalahan, Rooney sekaligus menoreh sejarah. Ia kini sudah mencetak 250 gol untuk MU, mengungguli legenda Setan Merah, Sir Bobby Charlton, dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah klub elite Inggris tersebut.

Dalam catatan Premier League, MU begitu dominan dengan menguasai 65 persen permainan dan melepaskan delapan tembakan tepat sasaran dari 25 upaya. Adapun tuan rumah Stoke City cuma melakukan satu tendangan ke arah gawang dari enam kali percobaan.

Satu-satunya usaha Stoke membuahkan hasil saat pertandingan belum genap 20 menit. Prosesnya diawali kombinasi operan Erik Pieters dan Marko Arnautovic di sisi kiri.

Pieters coba melepaskan umpan datar ke mulut gawang, tetapi bola membentur Mata dan bergulir melewat garis, yang mengecoh kiper David de Gea.

Setelah kebobolan, Manchester United tampil mengganas di 20 menit akhir babak pertama. Sejumlah peluang mereka dapatkan namun tak ada satu pun yang membuahkan hasil.

Di menit ke-31, Mata berdiri bebas menyambut umpan matang Zlatan Ibrahimovic namun tembakannya melayang di atas mistar.

Pada lima menit akhir di babak pertama, kiper Stoke, Lee Grant berhasil mematahkan dua tendangan voli yang dilepaskan Marouane Fellaini dan Paul Pogba.

Masuk ke babak kedua, Jose Mourinho memutuskan untuk menurunkan Marcus Rashford, Wayne Rooney, dan Jese Lingard untuk meningkatkan serangan MU.

Tetapi hingga 30 menit babak kedua berjalan, MU hanya mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran ke gawang Stoke.

Di menit ke-76, Rashford berdiri bebas mendapatkan bola di kotak penalti. Tetapi tendangan Rashford tak menemui sasaran. Semenit kemudian, Paul Pogba coba melepaskan tembakan jarak jauh tetapi usahanya juga tak menemui sasaran.

Lima menit jelang akhir laga, Jese Lingard melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tendangan Lingard tak mampu dihalau oleh Lee Grant namun bola membentur tiang.

Gol penyama kedudukan yang dinanti MU akhirnya lahir di masa injury time. Rooney melepaskan tembakan bebas indah yang bersarang di pojok kiri gawang Stoke. Setan Merah pun sukses terhindar dari kekalahan di markas Stoke.

Dengan hanya menambah satu poin, MU masih tertahan di peringkat enam klasemen Premier League Inggris, dengan mengoleksi 41 poin dari 22 laga. Tertingal 11 poin dari pemuncak klasemen, Chelsea. (cnni/kps/sfa)