City Portal of Pekanbaru

APBD Inhu disahkan Rp 1,4 triliun

budget.jpg
(ilustrasi)

RENGAT - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Indragiri Hulu tahun 2017 senilai Rp1,4 trilliun disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhu di Rengat, Senin (23/1/2017).

"Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk mendanai berbagai program sesuai dengan arah kebijakan pembangunan Inhu tahun 2017," kata Ketua DPRD Miswanto.

Dia mengemukakan, APBD itu antara lain untuk kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan budaya seni olahraga dan kepemudaan, peningkatan pembangunan ekonomi berdaya saing, penguatan dan pembangunan jaringan infrastruktur. Kemudian peningkatan sarana dan prasarana, serta pemantapan aparatur dan birokrasi pemerintahan.

APBD yang disahkan dalam rapat paripurna yang digelar DPRD Inhu itu selanjutnya akan dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda), untuk kemudian diserahkan ke Pemerintah Provinsi Riau untuk diverifikasi.

"Kami berharap semua berjalan lancar," kata dia.

Wakil Bupati Inhu Khairizal menyambut baik pengesahan APBD tahun 2017 tersebut. Menurut dia, ini menunjukkan terbangunnya kesepahaman yang tidak hanya semata - mata berorientasi pada efisiensi dan efektivitas manajemen pengelolaan keuangan daerah, tapi juga berorientasi pada kewajiban untuk meningkatkan kemampuan sumber daya dan manajemen.

"Apabila Perda tentang APBD tahun 2017 telah diverifikasi oleh Pemerintah Provinsi Riau, saya minta kepada seluruh kepala perangkat daerah agar segera melaksanakan program dan kegiatan pembangunan," kata dia. (ant/sfa)