City Portal of Pekanbaru

Dramatis, Arsenal menang dengan 2 kartu merah dan penalti di injury time

alexis-goal.jpg
(ist)

LONDON - Arsenal naik ke peringkat dua klasemen Premier League Inggris setelah susah payah menang 2-1 atas tamunya, Burnley, di Stadion Emirates, London, Minggu (22/1/2017) malam WIB.

Bahkan kemenangan Arsenal terbilang dramatis, karena diwarnai dua penalti di injury time. Salah satunya untuk Arsenal, yang dieksekusi dengan baik oleh Alexis Sanchez, untuk membawa The Gunners keluar sebagai pemenang.

Untuk menambah dramatisnya pertandingan, Arsenal harus bermain dengan 10 pemain sejak Granit Xhaka menerima kartu merah pada menit 65. Bahkan pelatih mereka, Arsene Wenger, juga diusir wasit dengan kartu merah di menit-menit akhir menyusul kericuhan kecil yang terjadi di dalam lapangan..

Tampil dominan di depan ribuan pendukungnya, Arsenal harus menunggu hingga menit 59 untuk memecah kebuntuan lewat situasi sepak pojok. Sepakan Mesut Oezil disambut tandukan bek Shkodran Mustafi di area tiang jauh dan membuka keunggulan 1-0 atas Burnley.

Enam menit berselang, Arsenal mendapat petaka setelah Granit Xhaka diusir wasit keluar lapangan karena melakukan tekel dua kaki kepada pemain Burnley, Steven Defour.

Keunggulan jumlah pemain mampu dimanfaatkan Burnley. Pada masa injury time, Burnley mendapat hadiah penalti setelah Francis Coquelin melanggar Ashley Barnes. Andre Gray yang menjadi algojo pun sukses mengeksekusi penalti untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, diusir wasit beberapa saat setelah gol penyama kedudukan Gray. Wasit keempat meminta dia langsung masuk ke lorong ganti pemain.

Pada menit ketujuh injury time, Arsenal mendapat penalti setelah sepatu Ben Mee mengenai wajah Laurent Koscielny yang mencoba menyundul bola hasil tendangan bebas rekannya.

Para pemain Burnley protes karena melihat Koscielny terlebih dahulu dalam posisi offside. Namun, wasit Jonathan Moss tetap pada putusannya memberi penalti. Alexis Sanchez pun sukses menunaikan tugasnya dan Arsenal menang 2-1.

Kemenangan ini mengerek Arsenal ke peringkat kedua klasemen sementara Premier League, dengan mengoleksi 47 poin dari 22 laga. The Gunners menyalip Tottenham Hotspur, dengan keunggulan satu poin.

Pemuncak klasemen masih Chelsea, yang di laga ke-22 menjamu Hull City di Stamford Bridge, Senin (23/1/2017) dini hari WIB.

Sementara itu, kekalahan di Stadion Emirates membuat Burnley semakin terpuruk di posisi ke-13 dengan 26 poin. Burnley disalip Southampton (nilai 27), yang sukses mencukur juara bertahan Leicester City 3-0 di laga sebelumnya. (bla/ant/kps/sfa)

Susunan Pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Gabriel, Shkodran Mustafi, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Aaron Ramsey, Granit Xhaka; Alex Iwobi (Francis Coquelin), Mesut Oezil (Hector Bellerin), Alexis Sanchez; Olivier Giroud (Danny Welbeck)
Pelatih: Arsene Wenger

Burnley (4-4-2): Tom Heaton (PG); Matthew Lowton, Michael Keane, Ben Mee, Stephen Ward; George Boyd, Dean Marney (James Tarkowski), Jeff Hendrick (Joey Barton), Steven Defour (Sam Vokes); Andre Gray, Ashley Barnes
Pelatih: Sean Dyche