City Portal of Pekanbaru


Jangan cuma yang kecil-kecil, awasi pungli di proyek besar

suap.jpg
(ist)

PEKANBARU - Wakil rakyat mengapresiasi pembentukan tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) guna meningkatkan pelayanan publik di Kota Pekanbaru.

"Kami sangat mendukung karena ini menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli dan surat edaran Menteri Dalam Negeri," kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Nofrizal di Pekanbaru, Minggu (22/1/2017).

Nofrizal menyampaikan pungli sejauh ini bisa terjadi pada pelayanan publik maupun sektor lainnya di pemerintahan. Terutama pelayanan publik yang selalu kerap menjadi permainan saat proses pengurusan perizinan.

"Untuk lingkungan ini bermacam-macam cara dilakukan," kata dia mencontohkan.

Dia menilai pungli bisa dilakukan oleh oknum aparatur sipil negara (ASN) langsung atau melalui pihak ketiga. Dengan dalih persyaratan tertentu yang nilainya tidak bisa ditentukan tergantung kesepakatan.

Karena itu dengan adanya tim Saber Pungli maka setiap oknum baik petugas maupun masyarakat yang memerlukan pelayanan sudah was-was untuk mencoba-coba.

"Makanya jika kedapatan pungli harus dilakukan penindakan. Jangan hanya yang kecil-kecil saja di tindak. Tetapi juga pada pembangunan proyek besar, rawan sekali itu, maka harus diantisipasi," sarannya.

Ketua Fraksi PAN DPRD Pekanbaru ini juga berharap kepada tim Saber Pungli nantinya bisa bekerja dengan maksimal dan jeli di saat tingginya biaya operasional diikuti dengan rendahnya kualitas suatu proyek. Itu tentunya tidak terlepas dari pungli yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

"Jika Saber Pungli bisa dilaksanakan dan bekerja secara maksimal serta profesional maka proyek-proyek yang tidak sesuai ketentuan bisa ditindak," kata dia.

Seperti diketahui, Pemerintah Kota Pekanbaru telah mengukuhkan Tim Saber Pungli yang langsung dikomandoi oleh Plt Wali Kota Pekanbaru Edwar Sanger. "Tim Saber Pungli ini kita bentuk dari berbagai dinas terkait. Mereka akan bergerak untuk memantau ke lapangan," kata dia. (ant/sfa)